Navigation

MONITORING REALISASI DANA ALOKASI DESA PERADABAN




Keseriusan pemerintah daerah untuk mewujudkan beberapa desa mandiri menuju desa peradaban ditunjukkan dengan terus melakukan monitoring ke desa-desa yang mendapat bantuan dana tersebut, hal ini sebagai bukti tanggungjawab pemerintah daerah atas kepercayaan yang diberikan pemerintah provinsi jabar.
Setelah beberapa pekan yang lalu melakukan monitoring ke beberapa desa, sore ini Kamis (10/2) Bupati Kuningan didampingi Danrem 063 Sunan Gunung Jati Cirebon, Kolonel Inf. Rochiman, dandim 0615 Arm Mulyono, Kepala Dinas Bina marga Drs. Kukuh taufiqul malik MM, Kepala dinas Tata ruang dan Cipta karya Drs. Lili suherli, kepala BPMD Drs. H. Kamil ganda permadi, kabag humas Agus Mauludin SE serta Camat Drs. Dudi Fachrudin kembali meninjau hasil realisasi dana alokasi desa peradaban ke desa Luragunglandeuh.   
Desa Luragunglandeuh merupakan salah satu desa di Kabupaten Kuningan yang menerima dana alokasi program desa membangun menuju desa peradaban tahun 2010, Program Desa Mandiri dalam Perwujudan desa peradaban yang digulirkan  Gubernur  Jawa Barat tersebut sudah mulai terealisasi bahkan sudah mulai rampung.
Pada kesempatan itu Bupati Aang bersama rombongan meninjau langsung beberapa titik pembangunan diantaranya, Renovasi balai desa, perbaikan jalan lingkungan, rehabilitasi trotoar alun-alun dan taman, rehabilitasi gang/jalan setapak, senderan dan drainase, pemagaran dan penataan halaman PAUD serta penanganan limbah sampah.
Adapun besarnya dana yang diterima oleh masing-masing desa adalah sebesar 1 milyar rupiah yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2010. dengan harapan Program desa membangun menuju desa peradaban mampu:
1.      Mendorong tumbuh dan berkembangnya prakarsa dan swadaya gotong royong masyarakat
2.      Meningkatkan kapasitas kelembagaan dan organisasi yang berakar pada masyarakat desa
3.      Membangun sinergi berbagai kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di desa dalam konteks kewilayahan
4.      Mendorong tumbuhnya kesalehan sosial dengan wujud kesetiakawanan sosial dalam konteks pembangunan desa
5.      Meningkatkan peran dan fungsi lembaga masyarakat terutama dalam menjalankan fungsi kontrol sosial terhadap pelaksanaan program-program pembangunan desa   

Dengan terealisasinya program desa mandiri dalam perwujudan peradaban diharapkan dapat menciptakan dan meningkatkan kapasitas pemerintahan desa dan masyarakat dalam memecahkan persoalan yang berkenaan dengan peningkatan kualitas hidup, kemandirian yang dinamis dan kesejahteraan masyarakat, peningkatan kinerja pemerintahan desa dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan sehingga diperlukan keterlibatan besar dari pemerintah desa dan masyarakat agar program desa membangun dapat mencapai sasaran dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara langsung.(Bn)
 
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments:

  1. Warga Ling. Kamukten Kel. Cigadung9 Maret 2011 22.44

    pada tahun 2008 menjelang PILKADA masa kepemimpinan Beliau(H. Aang Hamid Suganda S.Sos) yang kedua .
    Saat itu Beliau pernah menjanjikan pada warga ling. Kamukten Kel.cigadung untuk mengusahakan penghotmikan jalan ling. Kamukten serta pembebasan lahan pertanian untuk pembangunan masjid.
    Tapi sampai saat ini tidak ada realisasinya Ternyata yang di terima hanya 2 DRRUM ASPAL CURAH ....

    BalasHapus