Navigation

WABUP TINJAU SENTRA LELE CIREA




Desa Cirea Kec. Mandirancan jadi pusat budidaya ikan lele. Hal ini ditunjukkan dengan kepemilikan kolam dengan luas 1 Ha, dengan menghasilkan ikan lele sebanyak 6 Kw per bulannya. Untuk melihat perkembangan usaha ini, Wabup Kuningan, Drs. H. Momon Rochmana MM., melihat langsung ke lokasi Rabu (23/2 ) di dampingi Kadis Perikanan dan Peternakan, Ir. Triastami. Budidaya ikan lele ini merupakan program pengembangan perikanan budidaya Dinas Perikanan dan Peternakan Kuningan.

Seperti diungkapkan Kadis Pertanian, pengembangan perikanan budidaya ini merupakan salah satu program dalam upaya untuk meningkatkan produksi perikanan. Sasaran dari program ini melibatkan 3 lokasi unit pembenihan rakyat (UPR) yaitu UPR Gelora Mina Kita yang berpusat di Desa Cirea itu sendiri, UPR Sri Asih 2 yang belokasikan  di Desa Kertawangunan Kec. Sindangagung dan terdapat juga di Desa Anggrawai  Kec. Lebakwangi dengan nama UPR Minataruna.

Untuk pengembangan perikanan di Desa Cirea ini telah memiliki 45 anggota dan yang termasuk sebagai pengelola hanya sebanyak 32 orang saja. Keberadaan UPR ini memfasilitasi sarana penunjang pembenihan sebanyak 1 paket dengan target produksi benih sebesar 6 juta ekor/tahunnya. Selain itu, dibentuk pula pembangunan bangsal pelayanan, gudang pakan dan juga penyuluhan perikanan.

Wakil Bupati Kuningan H. Momon Rochmana disela-sela peninjauan ke lokasi Kolam ikan lele UPR Gelora Mina Karya mengatakan, Pemerintah Daerah menyambut baik dengan keberadaan ternak lele semacam ini, karena selain meningkatkan penghasilan bagi masyarakat Kuningan juga yang terpenting dapat memeberikan motivasi kepada masyarakat yang lain dalam upaya mengurangi tingkat bpengangguran dan kemiskinan di Kuningan ini.

Lebih lanjut Wabup berharap, agar Dinas pertanian dapat memberikan perhatian dan terus dapat memberikan bimbingan kepada para peternak agar produksi dapat lebih baik lagi dan juga yang terpenting dapat mengurangi biaya produksi agar pendapatan para peternak dapat lebih meningkat, sehingga masyarakat Kabupaten Kuningan dapat lebih cepat mencapai masyarakat yang sejahtera serta mandiri. Pungkas wabup.

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: