Navigation

Bupati Kuningan Buka Musrenbang 2012




Bupati Kuningan membuka secara resmi Musyarwarah Perencanaan pembangunan (Musrenbang)RKPD Kabupaten Kuningan  tahun 2011 di Aula Bappeda pada hari Selasa (1/3). Hadir dalam cara tersebut Kepala badan Koordinasi Pemerintah dan pembangunan Wilayah III Cirebon Drs. Ano Sutrisno MM, Perwakilan dari Bappeda Provinsi, Ketua  DPRD Kabupaten Kuningan,  ketua komisi  dan ketua Fraksi DPRD kabupaten Kuningan, dan Muspida Kabupaten Kuningan.
Sekretaris daerah Kabupaten Kuningan Drs. H. Yosep Setiawan, M.SI dalam laporannya menjelaskan bahwa penyelenggaraan musrenbang RKPD dimaksudkan  untuk membahas dan menyusun rencana pembangunan kabupaten Kuningan tahun anggaran 2012 yang memuat visi, misi dan arah pembangunan kabupaten Kuningan  dan tujuannya adalah menjamin konsistensi dan keberlanjutan dalam penyelenggaraan pembangunan di Kabupaten Kuningan. selain itu juga Drs. H. Yosep Setiawan, M.Si mengungkapkan bahwa Musrenbang RKPD merupakan puncak dari rangkian kegiatan dalam rangka penyususnan RKPD Kabupaten Kuningan tahun 2012 yang telah dimulai semenjak Januari dimana  Musrenbang tingkat desa dilaksanakan dari tanggal 5 sampai dengan 22 Januari dan Musrenbang tingkay kecamatan dilaksanakan dari tanggal 7 sampai dengan 21 februari 2011. Untuk peserta diikuti oleh 200 orang peserta .
Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda dalam sambutannya  mengungkapkan bahwa kegiatan Musrenbang dimaksudkan untuk menyerap aspirasi pembangunan dari seluruh unsur masyarakat dan mensinergikan dengan kebijakan serta arahan umum pembangunan baik ditingkat nasional, provinsi, maupun kabupaten sehingga Musrenbang RKPD tersebut merupakan pemanduan dari proses penjaringan aspirasi masyarakat di tingkat bawah yaitu dari mulai tingkat dusun, desa, hingga kecamatan. “ Perlu diketahui bahwa rumusan kebijakan program dan kegiatan yang diusulkan  dan berhasil disepakati dalam Musrenbang kabupaten hari ini, selanjutnya akan dituangkan ke dalam dokumen rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2012 dengan demikian, domuken RKPD tersebut  idealnya merupakan wujud kebersamaan dan kesepakatan antara pemerintah daerah dengan masyarakat kabupaten Kuningan tentang rancangan langkah pembangunan yang kan ditempuh pada tahun 2012” tambah bupati Kuningan
H. Aang Hamid Suganda juga memaparkan beberpa prioritas pembangunan daerah Kabupaten Kuningan tahun 2012 diantaranya : peningkatan nilai tambah sektor pertanian dan pariwisata, peningkatan investasi dan iklim usaha kecil menengah dan koperasi, peningkatan  kerjasama antar daerah perbatasan, peningkatan kemampuan keuangan daerah, pembangunan dan peningkatan serta pemeliharaan infrastruktur, pemantapan kabupaten konservasi, peningkatan kualitas hidup sumber daya manusia yang relijius dan peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintah.
Sementara itu Gubenur Jawa Barat dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Badan Koordinasi Pemerintah Pembangunan Wilayah III Jawa Barat Drs Ano Sutrisno MM menuturkan bahwa musrenbang Kabupaten/kota adalah forum perencanaan pembangunan tahunan yang melibatkan para pelaku pembangunan tingkat kabupaten/kota dan merupakan satu kesatuan proses perencanaan tahunan dimulai sejak musrenbang desa/kelurahan, musrenbang kecamatan, musrenbang kabupaten/kota, musrenbang provinsi hingga musrenbang nasional.
 “ mengingat strategisnya pencapaian prioritas pembangunan, saya harapkan dari penyelenggaraan musrenbang ini akan dihasilkan dokumen rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten/kota yang sinergi dengan prioritas pembangunan provinsi Jawa barat dengan ciri hasil (end result) sebagai wujud komitmen pembangunan” tambahnya
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: