Navigation

Desa Babakan Mulya Giat Membangun




Pembangunan desa merupakan bagian dari pembangunan daerah, sehingga apabila setiap desa giat membangun, akan membawa pengaruh besar terhadap kemajuan pembangunan daerah dan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini disampaikan Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda,  saat peresmian Kantor Desa dan Gedung Serbaguna  Desa Babakan Mulya, Kecamatan Jalaksana, Rabu (30/3).

Bupati Kuningan menuturkan,  partisipasi masyarakat dan perhatian warga desa Babakan Mulya  dalam pembangunan gedung serbaguna dan kantor desa ini cukup tinggi, terbukti dengan hasil akhir proses pembangunan. Kendati  Pemerintah Kabupaten Kuningan pada Tahun 2009 hanya dapat membantu sebesar Rp. 20.000.000. “Namun semangat gotong royong dan partisipasi masyarakat tetap tinggi dalam pembangunan gedung serbaguna dan kantor desa ini,”ungkap Bupati Kuningan didampingi Camat Jalaksana, Ahmad Wira Atmaja, S.Ap.

Diharapkannya, wujud kebersamaan masyarakat yang direflesikan dalam membangun gedung serbaguna dan kantor desa harus tetap dipelihara dalam berbagai kegiatan, karena kebersamaan merupakan modal awal untuk menggulirkan ide-ide bagi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, tanpa adanya kebersamaan serta ide-ide yang cerdas dan inovatif, besarnya dana serta sumber daya manusia yang ada tidak akan berarti apa-apa.
Disamping itu   Desa Babakan Mulya juga menggelar  kegiatan donor darah. Kaitan dengan hal ini Bupati Kuningan mengatakan,  semoga kegiatan ini akan semakin mempererat kesatuan, persatuan dan semakin meningnktkan kepedulian kepada sesama. Karena kegiatan donor darah mempunyai nilai-nilai luhur kemanusiaan yang patut untuk terus dipupuk dipelihara.

Lebih lanjut  diakatakan,  kondisi desa Babakan Mulya yang mempunyai potensi pengembangan pariwisata, keberadaan balong dalem, budaya mapag sri dan kawin cai akan memperkaya khazanah kepariwisataan di KabupatenKuningan.

 “Dengan kecenderungan masyarakat melakukan perjalanan wisata kepada objek wisata yang bernuansa alam dan kebudayaan, akan menjadikan peluang bagi desa Babakan Mulya untuk mengembangkan sektor kepariwisataan,”ujarnya.

Disamping itu, untuk memelihara kualitas lingkungan hidup , Bupati Kuningan  berpesan kepada seluruh masyarakat untuk  memberikan dukungan yang berarti bagi peningkatan kualitas lingkungan hidup, ketersediaan cadangan air dan menekan laju pemanasan global (global warning) yang saat ini melanda di berbagai belahan bumi.

Untuk itu,  dapat  dilakukan melalui kegiatan nyata berupa penanaman di lahan kritis, pemeliharaan sumber mata air, perlindungan satwa dan menghijaukan kawasan sekurang-kurangnya 20 % dari luas desa, guna terciptanya lingkungan hayati yang lestari dan mensukseskan Kuningan sebagai kabupaten konservasi.

Dalam kesempatanini dilakukanjuga perhelatan budaya warisan leluhur berupa upacara  mapag sri, dengan harapan  nilai-nilai luhur dan makna yang terkandung dalam acara ini, memberikan kesejahteraan masyarakat.
Lebih lanjut Kepala Desa  Babakan Mulya Bintan Ningsih,mengatakan, pembangunan kantor desa dan gedung serbaguna dianggarakan selama lima tahun dari tahun 2007 s/d 2011 sebesar Rp. 504.608.600. Alhamdulialah pembangunan kantor desa dan gedung serbaguna bisa selesai tahun ini sesuai rencana .

 Saat ini tidak hanya dilakukan peresmian Balai Desa tetapi digelar juga tardisi tahunan, yaitu  melestarikan adat tradisi dan budaya warisan leluhur sebagai  sedekah bumi dan upacara adat kawin cai dan melaksanakan acara adat mapag sri selama satu kali selama periode kepala desa. Dan melakukan Sosial Donor Darah setiap 3 bulan sekali yang diikuti sebanyak 30 orang lebih dan telah berjalan semenjak tahun 2002.

Disebutkan Ketua Panitia Pembangunan Didi Junaedi, bahwa pembangunan gedung ini menghabiskan biaya sebesar sebesar Rp. 504.607.600, dengan rincian biaya    berasal dari swadaya Masyarakat berupa uang tunai/material dan tenaga sebesar Rp. 242.802.600, APBDES sebesar Rp. 80.380.000, Kabupaten / APBD II 5 tahun yaitu ADD sebesar Rp. 145.677.000 , Semen jika diuangkan sebesar Rp. 5.748.000, Dana Tunai 2 tahap sebesar Rp. 30.000.000. (N).
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: