Navigation

HUT Satlinmas Dorong Upaya Pembelaan Negara




Hari Ulang Tahun (HUT) ke 49 Satuan Perlindungan Masyarakat merupakan momentum yang mengingtkan kita sebagai warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara. Peringatan ini dipusatkan Halaman Setda Kabupaten Kuningan dengan melakukan upacara, Bupati Kuningan H. Aang Hamid selaku Pembina didampingi Waka Polres Kuningan, Ketua Pengadilan Negeri, Dandim 0615 Kuningan dan Wakil Bupati Kuningan.

Satuan perlindungan masyarakat siap mengemban tugas dalam membantu memelihara kamtramtibmas serta mensuskeskan Pemilukada menjadi tema utama Peringatan Satlinmas kali ini. “Satlinmas selama ini mempunyai peranan penting dan strategis sebagai penangan panggulangan bencana serta pengamanan langsung Pemilukada yang merupakan bagian dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS),”ujar Bupati Kuningan, Senin (25/4).

Dalam pelaksanaannya Satlinmas di tingkat desa/kelurahan, anggotanya terbentuk dari pengorganisasian masyarakat. Hal ini dikatakan Bupati Kuningan diamksudkan untuk membangun masyarakat kesadaran bela Negara yang bersifat kemanusian. Sejalan dengan amanat UUD 1945 Pasal 27 ayat (3), bahwa semua warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara.

“Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai perlindungan masyarakat dapat mengatasi berbagai bentuk permasalahan yang ada seperti, bencana, gangguan Kamtibmas, sosial kemasyarakatan, dan mampu menunjang berbagai program rehabilitasi pasca bencana maupun pasca konflik maupun terlibat dalam pengaman penyelenggaraan pemilu,” jelas Bupati Kuningan.

Dalam kesempatan ini Bupati Kuningan memberikan penghargaan dan kadeueuh kepada Hansip yang pengabdiannya lebih dari 30 tahun. Disamping itu ditempat terspisah Bupati Kuningan bertemu langsung dengan perwakilan hansip yang se kecamatan Kuningan. Bahkan sempat memberikan potongan tumpeng kepada hansip.

Dalam arahannya Bupati Kuningan memberikan apresiasi kepada para hansip yang telah membantu menciptakan Kuningan yang kondusip, karena bagaimana pun mereka memiliki peranan untuk menciptakan ketentraman dan ketertiban di masyarakat.

Dengan keadaan yang kondusif ini, jangan sampai kita terlena melainkan situasi apapun harus tetap siaga tentunya bekerjasama dengan masyarakat. Salah satunya mengaktifkan kembali tamu izin 24 jam dan Pos keamanan lingkungan. (N).
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: