Navigation

KPU KUNINGAN GELAR SOSIALISASI INFORMASI PEMILU DAN PENDIDIKAN PEMILIH



Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan, Kamis (14/4) bertempat di restoran Lembah Ciremai (LC) gelar sosialisasi informasi pemilu dan pendidikan pemilih bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kabupaten Kuningan.
Kegiatan sosialisasi yang sekaligus dirangkaikan dengan lomba cerdas cermat pemilu dan demokrasi diikuti sejumlah siswa-siswi SMA se-Kabupaten Kuningan dengan memperebutkan piala bergilir serta tetap Bupati Kuningan tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Kuningan H. Momon Rochmana.
Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua KPU Kuningan Endun Abdul Haq, MP.d, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuningan, Kepala kementrian agama Kabupaten Kuningan, Ketua MGMP PPKNSMA/SMK/MA, Dewan Guru PPKN se-Kabupaten Kuningan serta Siswa-siswi SMA.
“Kegiatan sosialisasi ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan pihak KPU Kabupaten Kuningan yang ditujukan bagi para pemilih pemula agar mampu menimbulkan kepedulian terkait pemilihan umum nantinya” Ujar Endun
Menurutnya, dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan para pemilih pemula dapat menyerap materi-materi atau informasi mengenai pemilu dan kemudian memahami arti pentingnya keikutsertaan dalam menggunakan hak pilihnya.
Terkait kegiatan cerdas cermat, Endun berharap dengan adanya kegiatan cerdas cermat mampu menimbulkan suasana kompetisi positif dikalangan para pelajar juga mampu menambah ilmu pengetahuan dan informasi dari kegiatan tersebut.
Sementara Itu Wabup Momon mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh KPU Kabupaten Kuningan, mengingat pentingnya kegiatan pendidikan mengenai pemilu bagi para pemilih pemula.”Pendidikan pemilih pemula memang harus dirancang se-dini mungkin agar dikemudian hari masyarakat kita dapat terkondisikan sedemikian rupa sehingga lahir kesadaran kolektif untuk memberikan kontribusi nyata dalam proses pelaksanaannya nanti,”Paparnya.
Lebih lanjut Ia mengatakan, tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilu yang masih belum mencapai target maksimal, tercatat hanya 70% angka partisipasi masyarakat kuningan dalam setiap event pemilu tentunya merupakan tugas kita semua untuk meningkatkannya.
“Untuk dapat mencapai keberhasilan tersebut memang harus dibangun sedini mungkin pemahaman masyarakat secara utuh dan komprehensif,” tambahnya
Wabup berharap dengan terselenggaranya kegiatan sosialisasi yang dirangkaikan dengan kegiatan cerdas cermat menjadi upaya penanaman nilai-nilai kesadaran pemilih pemula tentang makna demokrasi dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara disamping itu diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai kompetisi dalam menyiapkan sumber daya manusia yang unggul yang akan menjadi modal dasar bagi pemimpin-pemimpin masa yang akan datang.(Bn)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: