Navigation

Otonomi Daerah Menuntut Aparatur Kerja Optimal



Pemberian otonomi kepada daerah, telah memberikan ruang yang luas bagi daerah untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki. Hal ini di ungkapakan Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda pada upacara Peringatan Otonomi Daerah ke 15 yang bersamaan dengan HUT Satlinmas, bertempat dihalaman Setda Kabupaten Kuningan, Senin (25/4).

Untuk itu, Bupati Kuningan mengajak segenap aparatur pemerintah harus dapat berperan secara optimal sesuai koridor hukum melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing terhadap perubahan yang terjadi secara dinamis dari tahun ke tahun, baik dari aspek kewenangan daerah, kelembagaan, kepegawaian, anggaran, hubungan eksekutif dan legislatif maupun pelayanan publik dan perubahan tersebut haruslah berdampak positif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Diselenggarakannya kegiatan peringatan ini, diungkapakan Bupati Kuningan bahwa memiliki tujuan untuk mereflesikan kembali makna kebijakan desentralisasi dan Otonomi Daerah yang telah dilaksanakan sejak tahun 1999. Undang-Undang Nomor 22 tahun 1999 tentang pemerintahaan daerah yang mengganti Undang-Undang Nomor 5 tahun 1974 tentang pokok-pokok pemerintahaan didaerah.

“Dan Undang-Undang Nomor 5 tahun 1979 tentang pemerintahaan desa, kemudian direvisi kembali melalui undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintahaan daerah telah menggariskan perubahan pola sentralisasi kearah pola desentralisasi kepada daerah otonom,”katanya.

Bupati Kuningan juga menuturkan, pemberian otonomi luas kepada daerah untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat yakni melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat. Disamping itu dengan otonomi, daerah mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan dan kekhususan serta potensi dan keanekaragaman daerah dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia.

“Kepada jajaran aparatur pemerintah Kabupaten Kuningan agar memiliki pemikiran yang sama untuk memberikan yang terbaik kepada daerah dan masyarakatnya. Untuk itu saya mengharapkan kinerja yang optimal untuk bersama-sama membangun daerah sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”katanya dihadapan pesrta upacara yang hadir juga Unsur Muspida dan Wakil Bupati Kuningan ini. (N).
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: