Navigation

BUPATI KUNINGAN TERIMA PENGHARGAAN KALPATARU




Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda menerima penghargaan Kalpataru Kategori Pembina Lingkungan pada Selasa (7/6) di Istana Negara Jakarta dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.  Kalpataru kategori Pembina Lingkungan diberikan kepada pengusaha atau tokoh masyarakat yang berhasil membangkitkan kesadaran lingkungan dan peran masyarakat.
Bupati H. Aang terpilih dari 144 calon yang penerima Kalpataru.  Dari 144 calon ini melalui Sidang Pertama Dewan Pertimbangan Kalpataru yang dipimpin Ismid Hadad tanggal 27 April 2011, terpilih 26 calon nominasi untuk diverifikasi.  Hasil tinjauan lapangan disajikan pada Sidang Kedua tanggal 20 Mei 2011 dan kemudian ditetapkan 11 orang atau kelompok penerima Kalpataru.  Bupati H. Aang menjadi satu-satunya wakil Jawa Barat yang menerima penghargaan tersebut, yang diberikan bertepatan dengan Peringatan Nasional Hari Lingkungan Hidup Sedunia.
Alasan Dewan Pertimbangan Kalpataru memilih H. Aang Hamid Suganda karena beliau dianggap berjuang agar daerahnya menjadi Kabupaten Konservasi yang asri, hijau dan berbunga.  Sejumlah program yang diluncurkan Bupati H. Aang  menjadi nilai tersendiri.  Program itu, antara lain penetapan Kebun Raya Kuningan seluas kurang lebih 175 hektar, pengusulan kurang lebih 15.500 hektar hutan Gunung Ciremai menjadi Taman Nasional Gunung Ciremai, pengembangan hutan kota di 10 desa, program Pengantin Peduli Lingkungan (PEPELING), pengembangan ruang terbuka hijau di 32 titik lokasi taman kota seluas 25.720,89 hektar, pembangunan embung dan rehabilitasi situ di 17 lokasi dengan luas total 801,187 hektar, juga penerbitan PERDA no. 10 tahun 2009 tentang perlindungan satwa burung dan ikan langka.
Dengan dukungan seluruh masyarakat Kuningan dan LSM yang peduli lingkungan hidup.  Akhirnya trofi berbentuk akar pohon itu berhasil dibawa ke Kuningan.  Menanggapi keberhasilan ini Bupati H. Aang mengatakan, “Tentunya saya bangga bisa meraih penghargaan ini, apalagi menjadi satu-satunya wakil dari Jawa Barat.  Tapi saya akan lebih bangga lagi jika masyarakat Kuningan benar-benar menyadari bahwa lingkungan ini memang harus dipelihara dan dilestarikan, harus banyak menanam pohon, jangan membunuh burung, dan jangan pula menangkap ikan di sungai dengan cara yang merusak.  Jika hal itu sudah disadari seluruh masyarakat, saya yakin Kuningan akan terus lestari”.
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: