Navigation

H. Momon Rochmana buka semiloka DPRD-PNPM Mandiri pedesaan.



Bertempat di Restaurant Lembah Ciremai Kuningan Wakil Bupati Kuningan H. Momon Rochmana  membuka Semiloka DPRD Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Madiri Pedesaan yang diselenggarakan pada hari Rabu (15/6). Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Kuningan, Kepala BPMDES  para kepala SKPD dan Camat se-kabupaten Kuningan serta  para undangan lainnya.
Toni Kusumanto, AP, M.SI selaku ketua panitia dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan diadakannya acara tersebut yaitu untuk memperkuat komitmen DPRD dan SKPD dalam rangka penanggulangan kemiskinan dan pemebrdayaan masyarakat, memperkuat koordinasi lintas sektor dalam program-program pemberdayaan masyarakat maupun penanggulangan kemiskinan, menyusun rencana strategis program penanggulangan kemiskinan di daerah dan memperkuat forum DPRD dan SKPD dalam meyusun rencana kerja pembangunan. Sedangkan untuk peserta Toni Kusumanto menuturkan bahwa peserta terdiri dari BPMD Provinsi Jawa Barat sebanyak 2 orang, Komisi A DPRD sebanyak 12 orang, SKPD (Camat Lokasi PNPM MP) sebanyak 29 orang, badan kerjasama antar desa (BKAD) sebanyak 29 orang dan perwakilan dari perguruan tinggi sebnyak 3 orang.  Untuk pemateri terdiri dari Wakil Bupati Kuningan, Ketua DPRD Kabupaten Kuningan, Sekretaris Daerah kabupaten Kuningan.
Wakil Bupati Kuningan H. Momon Rochmana dalam sembutannya  mengungkapkan bahwa secara garis besar program PNPM memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja masyrakat miskin, selain itu juga mendorong kemandirian dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan pembangunan. “ sesuai dengan visi kabupaten Kuningan yaitu Kuningan lebih sejahtera berbasis pertanian dan pariwisata yang maju dalam lingkungan lestari dan agamis tahun 2013 maka berkaitan dengan program pemberdayaan masyarakat ada beberapa program strategis yang diluncurkan : Peningkatan mutu dan pemerataan pendidikan,Perluasan kesehjahteraan bagi masyarakat, perluasan akses kesehatan bagi masyarakat dan peningkatan infrastruktur pertanian dan perdesaan” tambahnya.
Selain itu juga H Momon Rochmana menjelaskan bahwa PNPM Mandiri Pedesaan merupakan solusi terhadap implementasi kebijakan daerah dalam mengentaskan kemiskinan, karena dengan PNPM masyarakat diberikan keleluasaan untuk merencanakan, melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan program yang menjadi prioritas dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing desa dan juga program tersebut sejalan dengan semangat gotong royong, kepedulian dan kebersamaan yang dimiliki oleh masyarakat kabupaten kuningan.  


Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: