Navigation

BUPATI KUNINGAN TERIMA ANUGRAH PENGEMBANGAN KOTA HIJAU



Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda menerima anugrah Pengembangan Kota Hijau dari Kementrian Pekerjaan Umum Republik Indonesia, Senin malam di Jakarta. Bupati Kuningan bersama 59 Kabupaten/Kota yang lainnya menerima anugrah tersebut atas dasar kosenistensi terhadap pengembangan kota hijau.
Dalam kesempatan tersebut Bupati Kuningan didaulat untuk menerima Cindera Mata dari Dirjen Perkotaan Kementrian Pekerjaan Umum dan menjadi perwakilan dari 60 Kabupaten/kota untuk memberikan sambutan dalam acara tersebut.
Dalam sambutannya Bupati Kuningan yang terkenal sebagai Bupati yang peduli lingkungan melalui program-programnya untuk melestarikan lingkungan itu mengatakan, Bentang alam Kabupaten Kuningan sebagian besar merupakan perbukitan dan pegunungan dengan puncak tertinggi Gunung Ciremai yang berketinggian 3.078 m. Hanya sebagian kecil dari wilayah Kabupaten Kuningan yang merupakan pedataran yang terkonsentrasi di bagian tengah dan timur. Untuk itu Kabupaten Kuningan merupakan penyangga bagi daerah-daerah yang ada disekitarnya terutama daerah CIAYUMAJAKUNING.
Tidak hanya menempatkannya sebagai penyokong tumbuhkembangnya perekonomian di wilayah tersebut, namun juga menjadi daerah sistem penyangga kehidupan bagi masyarakat di wilayah tersebut, khususnya dalam hal penyediaan sumberdaya air. Dengan kondisi tersebut kesejahteraan masyarakat di wilayah Cirebon sedikit banyak dipengaruhi oleh keadaan basis alam di Kabupaten Kuningan yang menyediakan jasa lingkungan ketersediaan air. Basis alam tersebut terutama Kawasan Gunung Ciremai yang salah satu fungsinya adalah sebagai Daerah Tangkapan Air (catchment area). Papar Aang.

sementara itu Dirjen Penataan Ruang mengatakan, "60 pimpinan daerah telah menyatakan komitmennya untuk mewujudkan daerah yang aman, nyaman, produktif serta berkelanjutan, para Wali Kota dan Bupati telah menandatangani piagam komitmen kota hijau Senin (7/11) pada peringatan puncak hari tata ruang 2011 di aula auditorium gedung SDA dan Penataan Ruang Kementerian PU yang  disaksikan Wakil Menteri PU Ahmad Hermanto Dardak". kata Dirjen Penataan Ruang Imam S. Ernawi di Jakarta,
Penandatanganan yang berlangsung Seluruh kabupaten/kota yang telah terpilih dalam Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) dinilai telah memenuhi kriteria yang ditentukan diantaranya memiliki peraturan daerah (Perda) RTRW yang sesuai dengan UUPR nomor 26/2007 dan mendapat persetujuan substansi RTRW dari Menteri PU.
"Wali Kota dan Bupati juga sudah berkomitmen untuk mengalokasikan anggaran pembangunan daerah yang memadai untuk merealisasikan Rencana Aksi Kota Hijau (RAKH). Kementerian PU akan memfasilitasi pemerintah kabupaten/kota dalam menjalankan rencana aksi tersebut.
Menurutnya, kota hijau merupakan kota yang ramah lingkungan, mampu memanfaatkan secara efektif dan efesien sumberdaya air dan mineral, mengurangi limbah, menerapkan transportasi terpadu, menjamin kesehatan lingkungan alami dan buatan berdasarkan perencanaan dan perancangan kota yang berpihak pada prinsip pembangunan yang berkelanjutan.
Untuk mewujudkan kota hijau setiap daerah harus menyiapkan rencana dan desain yang sensitif terhadap agenda hijau, kemudian peran serta masyarakat dalam pengembangan kota dan perwujudan Ruang Terbuka Hijau (RTH) minimal 30 persen dari luas wilayah kota/kabupaten.
Program yang dilaksankan Pemerintah kabupaten/kota dan masyarakatnya itu diharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas ruang kota agar responsif terhadap perubahan iklim.
Selain Bupati Kuningan terdapat 59 pimpinan daerah lainnya yang telah menandatangi piagam komitmen kota hijau tersebut diantaranya kota Medan, Yogyakarta, Makasar, Mataram, Bandar Lampung, Kabupaten Sukoharjo dan Tasikmalaya.
Selain itu Kabupaten Kuningan pada Hari Rabu besok akan menerima Alokasi Dukungan Pembangunan SARPRAS Pemerintahan yang dibiayai oleh APBN tahun anggran 2012 melalui mekanisme tugas pembantuan. Kabupaten Kuningan merupakan satu-satunya Kabupaten di Pulau Jawa yang menerima Dana Bantuan tersebut dari Dirjen Pengambangan Daerah.  ( DOniS )
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: