Navigation

USAHA RETAIL KECIL BASIS EKONOMI KUAT DAN MENDASAR




Pedagang Usaha Mikro Kecil (UMK) atau retail merupakan basis kuat dan mendasar bagi ketahanan perekonomian, disamping itu mampu menyerap tenaga kerja yang cukup signifikan dalam upaya pemberdayaan masyarakat terutama pengangguran.
Pelatihan terkait pengelolaan keuangan dan manajemen krisis dibidang retail mutlak diperlukan bagi para pedagang kecil dalam upaya mempertahankan serta mengembangkan usaha juga meningkatkan indeks SDM dalam upaya meningkatkan daya saing.
Hal tersebut dikatakan Assisten Pembangunan dan Kesra Drs. H. Kamil Ganda permadi, MM, saat membuka pelatihan pengelolaan Keuangan dan manajemen krisis bagi usaha kecil khususnya bidang retail yang merupakan hasil kerjabareng Pemerintah Daerah melalui Bagian Ekonomi Setda Alfaria Trijaya Tbk, aliansi Jurnalis serta Aprindo, Rabu (20/6) di Gedung Gelanggang Pemuda Kabupaten Kuningan.
Ikut menghadiri Kepala Bagian Ekonomi Setda Trisman Supriatna, M.Pd, Sekretaris Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Drs. Yudi Nugraha, M.Pd, Direksi Alfamart Parnomo, Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Drs. Dedi Hanadi Wangsa serta undangan lainnya.
Menurutnya, pelatihan ini merupakan bentuk tanggung jawab toko modern bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian. ”Pemerintah daerah sedang menggodok peraturan yang ditujukan pada para pengusaha toko modern untuk membantu para pedagang kecil dalam bentuk CSR,” ujarnya.
Kamil berharap kedepan tidak hanya Alfamart yang mengadakan kegiatan ini namun semua toko modern untuk peduli terhadap pedagang kecil serta toko modern menjadi mitra dari pemerintah daerah.
Sementara itu Trisman Supriatna, M.Pd selaku panitia dalam laporannya mengatakan, tujuan dari pelatihan ini untuk mendorong dan menumbuhkan para pengusaha retail baru yang memiliki kemampuan pengelola keuangan kurang baik, menyebarkan virus kewirausahaan yang baik dan professional serta memberi pengetahuan pengelolaan keuangan yang efektif.
“Pemerintah Daerah akan terus membina para pedagang kecil dalam upaya meningkatkan perekonomian sehingga akan bisa mensejahterakan keluarga, tetangga dan masyarakat di Kabupaten Kuningan pada umumnya,” pungkasnya. (Beben)

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: