Navigation

PEMKAB LATIH PEMUDA TANAM TEMBAKAU




Pemerintah  Kabupaten Kuningan melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat melatih 40 Pemuda putus sekolah untuk pandai menanam tembakau. Pelatihan yang dilaksanakan selama 1 minggu itu mendapatkan respon cukup serius dari para pemuda yang merupakan remaja putus sekolah itu. Mereka tampak serius mengikuti berbagai pelatihan yang diberikan oleh para instruktur.
Pelatihan tersebut dipusatkan di Desa Karang Sari Kecamatan Darma yang konon katanya dulu daerah ini merupakan daerah penghasil tembakau. Dengan alasan tersebut Pemerintah Kabupaten Kuningan ingin mengembangkan kembali wilayah ini menjadi wilayah penghasil Tembakau di Kabupaten Kuningan.
Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda di sela-sela membuka kegiatan tersebut mengatakan, dulu wilayah ini merupakan wilayah penghasil tembakau, entah kenapa sekarang masyarakat tidak menanam kembali tembakau padahal keuntungan dari menanam tembakau ini sangat bagus. Selain pemasarannya yang cukup baik dan tidak ribet, tembakau juga dapat menghasilkan rupiah yang cukup menjanjikan. Terang Aang.
Oleh karena itu kami merasa perlu mengembangkan kembali dan memberikan penjelasan serta pelatihan kepada para remaja putus sekolah untuk mau terjun menjadi petani tembakau. Selain mereka nantinya akan memiliki kemampuan menanam tembakau yang baik, mereka juga akan memiliki penghasilan . hal ini tentunya merupakan cita-cita Pemerintah daerah dalam mengentaskan pengangguran dan kemiskinan.
Di tempat terpisah ketua Asosiasi Petani Tembakau Kuningan Toto Sukamto mengatakan, di Kabupaten Kuningan ini terdapat 30hektar lahan tembakau. Dari tanah seluas itu bisa menghasilkan 1.500ton tembakau basah, dan akan menjadi 150ton tembakau kering. Sedangkan untuk pemasaran tembakau tersebut pihak Asosiasi telah mengadakan kontrak dengan pihak pengepul dari Temanggung Jawa Tengah dan mereka yang memasarkan ke pabrik-pabrik rokok sehingga para petani di Kuningan tidak pusing lagi untuk mencari pasar.
Kualitas tembakau dari Kuningan ini sudah diakui di pasaran Nasional, temabakau dari Kuningan sangat ditunggu oleh para produsen rokok sedangkan jumlah yang dihasilkan oleh petani di Kuningan sendiri belum mampu memenuhi permintaan pasar secara keseluruhan. Oleh karena itu kami sangat menyambut baik adanya pelatihan seperti ini, karena lambat laun para pemuda di Kabupaten Kuningan akan mau terjun menjadi petani tembakau. ( DOniS )

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: