Navigation

PEMBANGUNAN DESA UPAYA MEMINIMALISIR KEMISKINAN





Berdasarkan surat Mentri Dalam Negeri Republik Indonesia no 414.2/1247/PMD tanggal 22 Februari 2012 perihal panduan pelaksanaan semiloka DPRD dan SKPD tahun 2012, Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa menggelar Semiloka DPRD dan SKPD PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Kuningan.
Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kuningan H. Momon Rochmana. Semiloka tersebut digelar di Rumah Makan Lembah Ciremai Rabu 3 Oktober 2012.
Acara tersebut bertujuan untuk memperkuat komitmen DPRD dan SKPD dalam rangka penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat, memperkuat koordinasi lintas sektor dalam program-program pemberdayaan masyarakat maupun  penanggulangan kemiskinan, menyusun rencana strategis program penanggulangan kemiskinan di daerah, serta memperkuat forum DPRD dan SKPD dalm menyusun rencana pembangunan daerah.
Acara tersebut diikuti oleh 140 orang peserta dari berbagai elemen baik birokrat maupun unsur eksekutif serta unsur pemerintahan desa dan unsur akademisi. Papar toni ketua panitia penyelenggara.
Sementara itu Wakil Bupati H. Momon mengatakan, penanggulangan kemiskinan merupakan salah satu bagian dari agenda pemerintah Indonesia sejalan dengan mandat pembukaan Undang-Undang dasar 1945 yaitu meningkatkan kesejahteraan umum. Konteks tujuan ini tidak hanya diterjemahkan sebagai perhatian penuh pada pembangunan perkotaan, tetapi juga pemerataan kesejahteraan kepada seluruh warga bangsa dengan cara meningkatkan pembangunan perdesaan.


PNPM Mandiri perdesaan merupakan solusi terhadap implementasi kebijakan daerah dalam mengentaskan kemiskinan, karena dengan PNPM masyarakat diberikan keleluasaan untuk merencanakan, melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan program yang menjadi prioritas dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing desa. Tutup Wabup. *DoniS*
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: