Navigation

DINKOP UKM INTERMEDIASI 100 KOPERASI




Untuk mencipatakan serta meningkatkan jalinan pola kemitraan antara pelaku koperasi dengan mitra usaha koperasi dan UKM, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kuningan menggelar kegiatan intermediasi pengembangan jaringan kerjasama usaha koperasi, selasa 13/11.
Kegiatan ini diikuti oleh 200 orang peserta dari 100 koperasi yang ada di 32 Kecamatan bertempat di Aula Wisma Permata Kuningan selama 2 hari 13-14 November 2012. Kegiatan yang digelar tersebut merupakan program peningkatan pemberdayaan usaha koperasi yang terus dilakukan Dinas Koperasi dan UKM. Metode yang digunakan pada acara tersebut dengan cara pemaparan materi, ceramah, Tanya jawab dan diskusi.
Menurut Kepala Dinas Koperasi da UKM Kabupaten Kuningan Drs. Uca Somantri, MSi, ada 11 materi kegiatan yang diberikan kepada peserta. Diantaranya kebijakan pemerintah dalam pengembangan KUKM, strategi perencanaan pengembangan usaha KUKM, kemudian peranan BPPT dalam meningkatkan layanan.
Selanjutnya Uca juga mengatakan, manajemen simpan pinjam, struktur organisasi koperasi,, teknologi telekomunikasi dan informasi, perlindungan koperasi tenaga kerja bagi pelaku KUKM, layanan Bank BJB dalam pengembangan usaha KUKM, peluang usaha peternakan sapid an kemitraan dan pemasaran.
Agar kegiatan ini benar-benar berhasil, pihaknya menghadirkan narasumber yang kompeten dari mulai unsure pemerintah, PT Jamsostek, PT Telkom, dan pihak perbankan. Tidak lupa narasumber dari IPS ( Industri Pengelola Susu ) dan pelaku bisnis serta minimarket yang memiliki layanan luas. “Dalam kegiatan ini juga digelar produk hasil dari Anggota Koperasi, “ ujar Uca.
Sesuai dengan scenario pembangunan RPJMD tahap keempat tahun 2012 yakni “ Ngudagkeun Ajen Inajen, Ngokolakeun Kamampuh ( daya saing ) Daerah, Pemerintah Daerah melalui Dinkop dan UKM telah melaksanakan empat program strategis untuk meningkatkan IPM daya beli masyarakat.
Menurut Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda dalam sambutannya mengatakan, Koperasi dan UKM sebagai kekuatan ekonomi merupakan pelaku ekonomi terbesar di masyarakat, sehingga diharapkan struktur perekonomian daerah akan semakin solid. Berdasarkan data tahun 2011 jumlah koperasi sebanyak 523buah, total asset mencapai 226,3milyar, pendapatan SHU sebesar 14,5milyar, dengan jumlah anggota 86.872orang ( 10,44% dari jumlah penduduk dewasa Kabupaten Kuningan.
Dengan adanya kegiatan seperti ini saya nilai sangat strategis dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia ( IPM ) khususnya sector daya beli yang baru mencapai 58,62point. Hal ini sangat jauh tertinggal dari sector kesehatan dan pendidikan yang masing-masing telah mencapai 76,93 point dan 84,12 point.  Tutup Aang *DOnis*
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: