Navigation

KIRAB BUDAYA SEDOT RIBUAN PENONTON





Ribuan masyarakat Kabupaten Kuningan tumpah ruah ke jalan Siliwangi, Sabtu (10/11/2012). Mereka ingin menjadi saksi pawai kesenian tradisional dalam rangka Kirab Budaya CIAYUMAJAKUNING plus Kabupaten Subang.  
Berbagai kesenian tradisional andalan dari berbagai Kabupaten ditampilkan dalam pawai ini. Ternyata, banyak sekali kesenian tradisional unik dan menarik yang ditampilkan dan bisa menghibur para warga. Diantaranya, tradisi Saptonan, Cingcowong, dan Rawayang Kajene dari Kuningan, tari Buyung, tari topeng dari Indramayu, kesenian barongsay yang ditampilkan oleh Kota Cirebon, serta tari jaipongan dari Kabupaten Subang.
Rute perjalanan pawai berawal dari lingkungan Pandapa Paramarta, masuk ke jalan Siliwangi dan finish di taman kota. Bupati Kuningan beserta pejabat lainnya sudah berada di panggung kehormatan di lingkungan taman kota untuk sama-sama menyaksikan pawai itu.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat, Nunung Sobari mengatakan, kirab seni budaya zona Cirebon ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan seni tradisional di wilayah Jawa Barat. Pihaknya juga sudah menggelar kirab seni tradisional serupa di daerah Priyangan dan sekitarnya.
“Ini yang terakhir, berarti semua kesenian tradisional andalan setiap kabupaten/kota di Jawa Barat sudah ditampilkan dalam kirab seni ini,”katanya.
Sementara itu Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda dalam sambutannya mengatakan, sangat menyambut baik adanya kegiatan seperti ini. Seperti kita ketahui bersama kesenian tradisional sekarang ini hampir punah ditelan zaman, dengan danya kegiatan seperti ini diharapkan kesenian tradisional dapat dikenal oleh generasi muda kita dan mereka mau menerima dan melestarikan budaya warisan nenek moyang kita. * DOnis*

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: