Navigation

BUPATI AANG TINJAU LONGSOR DESA BUNGURBERES

Bencana tanah longsor yang menimpa Dusun Bangbayang Desa Bungurberes Kecamatan Cilebak, Jumat 28 Desember 2012 sekitar pukul 04.00 WIB yang lalu menyisakan duka yang mendalam betapa tidak sekitar 12 rumah dan 1 masjid di RT 11 dan RT 12 mengalami rusak berat bahkan hancur.
Dari hasil evakuasi tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun dampak yang cukup dirasakan ratusan jiwa penghuni puluhan rumah di dusun tersebut kini harus mengungsi ke tempat yang relatif aman.
Sementara itu Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda didampingi dandim 0615 Kav. Sugeng Waskito Aji, Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. H. Kamil Ganda Permadi, MM, Kepala Dinas Bina Marga Ir. Rusliadi, M.Si, Kepala Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Drs. H. Lili Suherli, M.Si, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Drs. Hidayat Mu’min serta Kepala ADM Perhutani KPH Kuningan Ir. Hendry Gunawan, M.Si., Selasa (1/1) berkesempatan kunjungi secara langsung lokasi bencana tanah longsor di dusun Bangbayang Desa Bungurberes Kecamatan Cilebak.
Camat Kecamatan Cilebak Drs. Jaenudin melaporkan wilayah kecamatan Cilebak terutama 6 desa disekitar Desa Bungurberes memiliki struktur tanah yang berbukit, tandus serta labil sehingga rawan longsor.
Jaenudin mengaku telah mengadakan pertemuan dengan warga yang terkena musibah tanah longsor dan menghasilkan kesepakatan, warga meminta untuk direlokasi sekitar 20 m dari lokasi kejadian tanah longsor tersebut.
Sementara itu Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda mengaku telah menyediakan dana untuk perbaikan jalan ciwaru-cilebak yang telah mengalami kerusakan cukup parah sehingga akses ke Kecamatan Cilebak cukup sulit.
Menyikapi bencana tanah longsor pihak pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja telah melakukan upaya penanganan darurat diantaranya membantu mengevakuasi perabotan rumah tangga dari rumah-rumah penduduk yang sudah terkena dan dan terancam longsor susulan serta memberikan bantuan tanggap darurat berupa beras dan bahan makanan kepada warga korban bencana.
“Saya bersama pihak-pihak terkait akan secara langsung menghadap menteri sebagai langkah cepat untuk penyelesaian penanganan bencana tanah longsor ini sehingga penanganan dapat terealisasi dengan cepat,” katanya.
Beliau menghimbau kepada seluruh warga masyarakat apabila nantinya membangun rumah di lereng-lereng gunung harus disertai dengan penanaman pohon disekitarnya sebagai penahan atau paku sehingga tanah tidak mudah longsor dan berharap warga dapat tabah menghadapi bencana ini. (Beben)

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: