Navigation

PROGRAM PNPM-MP TANGGULANGI MASALAH KEMISKINAN



Permasalahan kemiskinan merupakan permasalahan yang sangat kompleks karena merupakan masalah multi dimensi dimana masalah internal (budaya miskin) dan masalah eksternal (ekonomi, lingkungan sosial dan politik) saling terkait.
Demikian disampaikan Wakil Bupati Kuningan Drs. H. Momon Rochmana, MM, saat membuka gelar karya program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perkotaan Kabupaten Kuningan tahun 2013, Sabtu (12/1) di lapangan Pandapa Paramarta.
Ikut menghadiri Staf Ahli Wakil Gubernur Jawa Barat Bob Sulaeman effendi, Sekretaris Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Syarifudinsyah, Kepala Bidang Jasa Kontruksi DTRCK Asep Abdul Mukti.
Menurutnya, kemiskinan adalah tanggungjawab bersama sehingga semua pihak baik pemerintah, swasta maupun masyarakat mempunyai kewajiban yang sama untuk menanggulangi kemiskinan dan tentunya beban itu akan menjadi ringan ketika dikerjakan secara bersama-sama dengan membangun kemitraan di segala bidang. “Kemitraan tidak selalu dimaksudkan untuk mencapai tujuan bersama, setiap pihak yang bermitra bisa saja memiliki tujuan sendiri-sendiri. Esensinya adalah berbagai sumber daya dan saling menguntungkan,” jelasnya.
Terkait acara gelar karya program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perkotaan, Wakil Bupati berharap acara tersebut menjadi titik awal untuk terbangunnya kepedulian bersama dan sense of belonging terhadap pelaksanaan PNPM mandiri perkotaan.
Lebih lanjut, Wakil Bupati Kuningan Drs. H. Momon Rochmana, MM, berpesan kepada Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya sebagai leading sector untuk membimbing program PNPM-MP baik dalam bidang administrasi maupun pelaksanaan.”Aspek administrasi harus mendapatkan perhatian khusus selain dari pelaksanaan program tersebut sehingga dikemudian hari tidak terjadi kesalahan yang berakibat harus berurusan dengan hukum,” tandasnya.
Sementara itu Sekretaris Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Syarifudinsyah selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan PNPM Mandiri Perkotaan merupakan keberlanjutan pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan di perkotaan (PNPM-MP) yang telah dilaksanakan mulai tahun 2008.
Sedangkan lokasi dan alokasi di tahun 2012 di Kabupaten Kuningan dilaksanakan di 15 kelurahan, 28 desa yang tersebar dalam 3 kecamatan dengan alokasi anggaran Kecamatan Kuningan tersebar di 10 kelurahan dan 6 desa dengan pagu sebesar Rp. 1.710.000.000, Kecamatan Kramatmulya tersebar di 15 desa dengan pagu Rp. 1.662.500.000 sementara untuk Kecamatan Cigugur tersebar di 5 kelurahan dan 5 desa dengan pagu sebesar Rp. 807.500.000.
Terkait tujuan pelaksanaan kegiatan gelar karya ini di fokuskan agar tersosialisasinya program PNPM-MP dalam upaya penanggulangan kemiskinan dan membangun kerjasama serta kemitraan antara para pelaku PNPM Mandiri Perkotaan dan pihak luar. (Beben)


Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: