Navigation

PEPELING HARUS DILAKSANAKAN SEBELUM AKAD NIKAH


Menyerahkan sekaligus menanam pohon yang termasuk “Seserahan” dalam acara pernikahan seharusnya dilaksanakan sebelum akad nikah, hal tersebut dilakukan agar calon pasangan pengantin secara langsung melaksanakan Program Pengantin Peduli Lingkungan (Pepeling).
“Program pepeling diharapkan bukan hanya acara seremonil serta hanya menyerahkan pohon saja namun diharapkan dengan menanam pohon pasangan calon pengantin memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan memeliharanya,” kata Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda saat hadir dalam rapat dinas yang dilaksanakan Kementrian Agama Kabupaten Kuningan. Selasa (19/3) bertempat di Ruang Rapat Linggajati.
Hadir dalam kesempatan itu Kepala Kementrian Agama Kabupaten Kuningan H. Agus Abdul Kholik, Kasi Bimbingan Masyarakat Islam, para penyuluh keagamaan, serta para kepala KUA se- Kabuapten    Kuningan.
Lebih lanjut, Beliau mengatakan, pelaksanaan program kementrian agama yang berkaitan langsung dengan program pemerintah kabupaten harus terus dilaksanakan secara berkesinambungan seperti nikah massal. “Jangan ada pasangan yang hidup bersama namun tanpa memiliki surat nikah sehingga nanti apabila memiliki anak tidak bisa membuat akte kelahiran untuk identitas kewarganegaraan,” tambahnya
Bupati berharap, rapat yang digelar di ruang rapat Linggajati kedepan dapat dilaksanakan satu semester sekali untuk mengevaluasi program yang telah dilaksanakan serta untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi antara pihak pemerintah kabupaten dengan pihak kementrian agama.
Hal senada diungkapkan Kemenag H. Agus Abdul Kholik, menurutnya, peningkatan pemahaman bidang keagamaan terus dilakukan walaupun disalah satu wilayah Kuningan yang ada penganut aliran ahmadiyah namun itu tidak mengganggu kondusivitas keamanan.
Lebih lanjut, Ia mengungkapkan, program yang terkait dengan program pemerintah akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan serta terus dilakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten. “Terkait program pepeling di daerah lain pun program tersebut ada namun bedanya di Kabupaten Kuningan program pepeling mendapatkan perhatian serta pengawasan yang baik dari pihak pemerintah,” ujarnya
Selain program pepeling, lanjut Ia, beberapa program lainnyapun terus bekerjasama dengan pihak pemerintah kabupaten diantaranya nikah massal, isbat nikah dan banyak lagi yang lainnya dalam upaya pembangunan di bidang keagamaan. (beben)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: