Navigation

WAKIL BUPATI BUKA SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN


Wakil Bupati Kuningan Drs. H. Momon Rochmana, MM berkesempatan hadir serta sekaligus membuka seminar nasional pendidikan dengan mengangkat tema “Model Pembelajaran Mnemonic Dalam Pendidikan Karakter”. Minggu (24/3) bertempat di gedung serbaguna Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan.
Ikut menghadiri Rektor Universitas Kuningan Dr. H. Iskandar, MM, Nara Sumber Dr. Rasto, M. Pd, Dosen UPI Bandung, Nara Sumber Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Maman Suparman, MM, serta Dedi Supardi, M. Pd, Kabid Pendas Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga.
Wakil Bupati Drs. H. Momon Rochmana, MM, mengatakan karakter merupakan nilai-nilai yang melandasi perilaku manusia berdasarkan norma agama, kebudayaan, hukum/konstitusi, adat istiadat, dan estetika dapat dihasilkan atau dibentuk melalui proses pembelajaran yang tepat.
Menurutnya, dengan model pembelajaran mnemonic diharapkan menjadi salahsatu alternatife model pembelajaran yang sesuai dengan karakter peserta didik dalam upaya pengembangan nilai-nilai karakter bangsa. “Seminar nasional ini penting diselenggarakan karena output dari pelaksanaan kegiatan ini dapat menghadirkan para pendidik yang paham betul bagaimana nantinya memberikan materi kepada anak-anak didik bagaimana pembentukan sebuah karakter,” ujarnya.
Beliau berpesan, para peserta seminar memahami secara utuh esensi strategi pembelajaran mnemonic dan pendidikan karakter, mengerti bagaimana implementasinya nanti di dalam kelas, serta melakukan evaluasi dalam upaya penyesuaian.
Sementara Ketua Penyelenggara Budi mengatakan, seminar ini diikuti oleh 100 orang yang berasal dari luar Kabupaten Kuningan diantaranya Cianjur, Ciamis, Majalengka, Tasik serta dari Jawa Tengah diantaranya Brebes, Indramayu, serta Cilacap.
Menurutnya, para peserta yang hadir merupakan para pendidik serta para praktisi pendidikan yang nantinya diharapkan mampu mentransfer materi kepada anak didik dengan tujuan untuk mencerdaskan bangsa.
“Seminar nasional tentang model pembelajaran mnemonic ini diharapkan menjadi tonggak pendidikan karakter serta menjadi salah satu kunci sukses bagi kurikulum mendatang,” tandasnya
Sementara itu rektor Universitas Kunigan Dr. H. Iskandar, MM, mengatakan hadirnya kegiatan-kegiatan seperti seminar yang saat ini dilaksanakan merupakan salah satu ciri adanya kemajuan yang terutama mahasiswa pendidikan ekonomi sekolah pascasarjana uniku. “Kegiatan seminar nasional ini menunjukkan perkembangan di dunia pendidikan yang harus terus dilaksanakan secara berkesinambungan dalam upaya mengahdirkan para pendidik yang memiliki ilmu yang tinggi serta pemahaman yang utuh terhadap materi-materi pembelajaran yang nantinya akan disampaikan kepada anak didiknya.”  (beben)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: