Navigation

BUPATI MINTA OPTIMALISASI KEWASPADAAN DAN DETEKSI DINI



Maraknya aksi-aksi kekerasan, anarkis, isu sara dan terorisme yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Sehingga perlu upaya meningkatkan kewaspadaan dan mengoptimalkan deteksi dini yang melibatkan aparat Pemerintah, TNI, Polri dan seluruh elemen masyarakat. “Upaya tersebut diharapkan mampu meminimalisir aksi-aksi yang menimbulkan kondisi tidak kondusif,” tandas Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda saat membuka rapat koordinasi ketentraman dan ketertiban umun di Wisma Permata Kuningan, Selasa (2/4).
Menurutnya, peristiwa yang dapat merusak sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara pada dasarnya sangat merugikan semua. Hadir dalam acara tersebut unsur TNI, Polri, Camat serta kasi Trantibum kecamatan se-Kabupaten Kuningan.
Lebih lanjut, beliau mengatakan, bahwa di negara yang menganut sistem pemerintahan demokrasi, kebebasan menyampaikan pendapat sangat dihargai akan tetapi tidak boleh menjadi alasan pembenaran untuk membiarkan terjadinya konflik kekerasan apalagi sampai menimbulkan anarkisme.
“Kebebasan juga tidak boleh membuka peluang terjadinya konflik vertikal dan horizontal. Perbedaan-perbedaan yang ada, hendaknya dikelola dengan semangat nasionalisme. Guna mempererat kebersamaan, memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya.
Bupati mengingatkan, agar kepada peserta rakor untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dengan membangun kebersamaan dengan segenap komponen bangsa, guna menghadapi setiap ancaman yang dapat menggangu kedaulatan keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa.
Terkait aksi kejahatan yang terjadi di jalanan seperti pecah kaca mobil yang marak terjadi di kuningan, Beliau memberikan apresiasi kepada polres kuningan yang sigap dengan membentuk patroli sepeda untuk mengantisipasi tindakan kejahatan di jalanan.
Sementara itu, kepala satuan polisi pamong praja Deni Hamdani S. Sos, M. Si, mengatakan, rakor ini adalah untuk menyamakan visi, misi, persepsi dan kesatuan langkah dalam rangka optimalisasi peran pemerintah daerah, TNI, dan polisi dalam menyikapi perkembangan situasi sosial politik dan keamanan guna mewujudkan stabilitas nasional. “Rapat koordinasi ini diikuti 100 orang peserta yang terdiri dari Camat, Danramil, Kapolsek, Kasi Trantibum, se-Kabupaten  kuningan,”  jelasnya. (Beben)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: