Navigation

DINKES GELAR PELATIHAN CAPACITY BUILDING



Dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan peningkatan mutu pelayanan kesehatan, Rabu (24/4) bertempat di hotel Prima Resort dinas kesehatan kabupaten kuningan menggelar pelatihan capacity building. Sedikitnya 100 orang yang terdiri-dari Kepala Dinas, Sekretaris Dinas, Kepala Bidang, Kepala UPTD Puskesmas, Kasubag TU serta staf diikut sertakan dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut.
“Tujuan dari kegiatan ini yaitu meningkatkan kreativitas tenaga kesehatan dalam melaksanakan pelayanan prima serta membentuk tim yang solid dinas kesehatan kabupaten kuningan dan puskesmas,” ujar Kepala Dinas Kesehatan H. Raji K. Sarji, SE, M.Si dalam laporannya.
Menurutnya, dinas kesehatan terutama puskesmas langsung berhubungan dengan masyarakat sehingga SDM yang ada di puskesmas perlu dibekali dengan berbagai kompetensi diantaranya ilmu komunikasi, perubahan pola piker, pembentukan sikap dan perilaku, mengembangkan tim serta kreativitas.
Dengan adanya kegiatan ini, lanjut Ia, para peserta diharapkan mampu menginterpretasikan perubahan dalam pelayanan kesehatan, melaksanakan kesehatan, memecahkan masalah kelompok, mengembangkan kreativitas, serta mengembangkan tim yang solid.
Sementara itu Bupati Kuningan dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini penting untuk terus diselenggarakan serta perlu dikemas sedimikian rupa sehingga tidak terkesan formal, program-program kerja yang sudah dilaksanakan harus terus dievaluasi.
Kegiatan capacity building, lanjut Ia, harus dimanfaatkan dalam upaya mempersiapkan dan merumuskan arah dan strategi pembangunan kesehatan yang sejalan dengan RPJPD Kabupaten Kuningan untuk rencana pembangunan lima tahun tahap ke tiga yakni periode 2014 sampai 2018 dengan fokus pembangunan pada pemantapan kemandirian masyarakat sehingga masyarakat kuningan memiliki kemandirian tinggi dalam membangun kehidupannya.
Bupati berharap dengan pelatihan ini para pelaku kesehatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat nantinya dapat mengimplementasikannya secara langsung kepada masyarakat. “Para petugas kesehatan dilapangan harus humanis, enjoy, inovatif, “ulah murukusunu” sehingga masyarakat sungkan,” tandasnya.
Bupati H. Aang Hamid Suganda berpesan kepada pihak terkait di dinas kesehatan untuk mengontrol ke daerah pelosok sehingga tahu persis situasi kondisi secara langsung yang terjadi di masyarakat sehingga nantinya diharapkan mampu memecahkan persoalan-persoalan kesehatan masyarakat.  (beben)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: