Navigation

PERINGATAN BAHASA IBU; “Setiap Sepuluh Hari Satu Bahasa Ibu Hilang”



Wakil Bupati Kuningan Drs. H. Momon Rochmana, MM, mengatakan, setiap sepuluh hari sekali satu bahasa Ibu hilang karena sering diabaikan atau malah tidak digunakan sama sekali oleh masyarakat. “UNESCO pernah melakukan penelitian dan hasilnya di dunia ada 7000 rumpun bahasa Ibu yang sekarang semakin berkurang jumlahnya,” katanya saat menghadiri peringatan hari Ibu, Sabtu (6/4) di Gedung Kesenian.
Menurutnya, kegiatan peringatan bahasa Ibu ini penting untuk terus diselenggarakan secara berkesinambungan dalam upaya mendorong, meningkatkan, serta mengembangkan bahasa Ibu terutama bahasa sunda yang merupakan bahasa Ibu masyarakat sunda termasuk kuningan.
“Kita harus introspeksi diri, anak cucu kita sekarang tidak lancar menggunakan bahasa sunda itu karena kita sendiri kurang bisa “ngamumule” bahasa ibu sehingga tidak bisa mewariskan bahasa sunda yang baik dan benar,” ujarnya
Pemerintah kabupaten kuningan, lanjut beliau, akan terus berupaya menghidupkan bahasa, sastra dan budaya sunda untuk kepentingan sosial. “Mari kita lestarikan bahasa sunda sebagai bahasa Ibu orang sunda,” pungkasnya.
Sementara itu ketua panitia Ratno Risdiana, mengatakan daya mahasiswa sunda (damas) yang keberadaannya sejak 2004 di kuningan terus berinisiatif untuk melestarikan berbagai kesenian, kebudayaan terutama kebudayaan sunda dengan terus mengadakan berbagai kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian seni dan budaya.
Lebih lanjut, Ia menjelaskan, kegiatan dalam rangka memeringati hari bahasa ibu akan diisi dengan dua kegiatan yaitu lomba baca sajak sunda serta pagelaran seni sunda. “Kegiatan ini sengaja digelar dalam upaya mengingatkan kita pada bahasa sunda dan apa yang harus kita lakukan pada bahasa sunda itu sendiri,” ujarnya.
Menurutnya, sebanyak 30 orang peserta yang berasal dari SD, SMP, dan SMU akan mengikuti kegiatan-kegiatan yang akan digelar selama dua hari. ”Kedepan kami akan terus berupaya mengembangkan kegiatan-kegiatan ini sehingga akan menarik minat para peserta.”
Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kuningan H. Acep Purnama, M.H, Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kuningan.  (beben)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: