Navigation

TINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT MELALUI PERPUSTAKAAN


Keberadaan perpustakaan dimasyarakat saat ini kurang popular, karena hanya dikunjungi oleh orang-orang yang terkait erat kehidupannya dengan lembaga ini seperti para pelajar, mahasiswa dan masyarakat yang memerlukan informasi dan rujukan untuk tugas akhir dan pembutan karya tulis di kampus. Apalagi sejalan dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat keberadaan perpustakaan makin tergeser oleh media lain yang penampilannya makin memikat dan canggih.
Berdasarkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah melaksanakan Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Desa/Kelurahan. Kegiatan tersebut digelar di Gedung KNPI Kabupaten Kuningan selasa 16 April 2013 dan diikuti oleh 80 orang yang berasal dari 80 Desa/Kelurahan Se-Kabupaten Kuninga.
Dalam laporannya ketua panitia penyelenggara Warsija mengatakan, perpustakaan sebagai salah satu penyedia data, lambat laun mulai ditinggalkan oleh para penggunanya. Hal ini disebabkan oleh jaman teknologi yang semakin lama semakin mengalami kemajuan. Oleh karena itu buku sebagai salah satu elemen penyedia data kini mulai ditinggalkan dan beralih ke media yang lebih popular dan menggunakan teknogi cangih.
Kami sebagai kantor yang membidangi perpustakaan merasa terpanggil untuk terus menggalakan minat baca masyarakat melalui perpusatakaan. Dalam rangka meningkatkan kemampuan para pengelola perpustakaan Desa/Kelurahan  kami menggelar pelatihan pengelolaan perpustakaan bagi Desa/kelurahan. Papar Jaja.
Sekda dalam sambutan pembukaannya mengatakan, perpustakaan sebagai bangunan utama untuk melahirkan suatu komunitas ilmiah dan masyarakat informasi, perpusatakaan juga merupakan jalan menuju masyarakat modern yang berperadaban, namun demikian untuk merealisasikan impian itu bukanlah sesuatu yang mudah, oleh karena itu secara terus menerus perlu dilakukan inovasi agar dapat memberikan mutu pelayanan yang terbaik kepada masyarakat pencari informasi melalui perpustakaan.
Saya atas nama Pemerintah Daerah sangat menyambut baik kegiatan pelatihan pengelolaan perpustakan bagi Desa/Kelurahan ini Karena ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kembali minat baca masyarakat. Kami telah berupaya meningkatkan minat baca masyarakat dengan membentuk perpusatakaan sampai ketingkat Desa/Kelurahan, akan tetapi jika manajemen pengelolaannya tidak baik maka perpusatakan ini tidak akan berkembang dengan baik. Tutup Yosep * DOniS*
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: