Navigation

PORSENITAS BANGUN KERJASAMA ANTAR DAERAH PERBATASAN







HUMAS KUNINGAN. Pekan Olahraga dan Pentas Seni (PORSENITAS) antar daerah perbatasan KUNCI BERSAMA kembali digelar untuk ke duakalinya yang dilaksanakan  di Kabupaten Cilacap dari tanggal 20 Mei 2013sampai dengan 23 Mei 2014.  
 
Pembukaan PORSENITAS KUNCI BERSAMA dilaksanakan di alun-alun Kabupaten Cilacap dan dibuka oleh Bupati Cilacap  Tatto Suwarto Pamuji, Selasa (21/05) yang dihadiri oleh tersebut enam Bupati dan dua Walikota se Jawa Barat dan Jawa Tengah. Pembukaan dimeriahkan dengan defile para atlet dari delapan Kabupaten/Kota, yakni Kabupaten Kuningan, Cirebon, Majalengka, Ciamis, Brebes, Kota Banjar, Kota Cirebon dan Cilacap. Dalam defile  tersebut juga dimeriahkan oleh kesenian khas dari masing-masing daerah.

Pembukan PORSENITAS KUNCI BERSAMA  yang dihadiri oleh para pejabat dari dari delapan daerah Kabupaten/Kota tersebut dimeriahkan oleh kesenian tarian massal Bangga Mbangun desa yang menggambarkan suka cita masyarakat Cilacap dalam ikut mensukseskan kebijakan Bangga Mbangun Desa yang diperagakan oleh para pelajar. Selain itu juga di tampilkan Marching Band dari SMA Nusantara Magelang.
Menurut Ketua panitia, Dian Setyabudi, mengungkapkan bahwa PORSENITAS  antar daerah perbatasan mempunyai tujuan  untuk menjalin kerjasama antar daerah perbatasan dalam melakukan percepatan pembangunan daerah terutama di wilayah-wilayah perbatasan “ Pembangunan sektor pendidikan, kesehatan, dan ekonomi mejadi prioritas utama. Selain itu juga PORSENITAS KUNCI BERSAMA dapat dijadikan   sebagai sarana komunikasi dan informasi antar daerah perbatasan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kerjasama dalam mengurangi kesenjangan antar daerah, serta kerjasama dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat” Tambahnya.
PORSENITAS II gelar di kabupaten Cilacap mempertandingkan delapan cabang olahraga seperti, sepak bola, tennis meja, bola voli, voli pantai, bulutangkis, tennis lapangan, catur, dan futsal.  Sedang berbagai kesenian yang tampil dalam pentas seni daerah perbatasan meliputi, Rampak Kendang Topeng Jetek dari Kabupaten Kuningan, Ringkang Galuh dari Kabupaten Ciamis, Tari Topeng Losari dari Kabupaten Cirebon, Kesenian Sintren dari Kota Cirebon, Tari Duta Hanuraga dari Kabupaten Brebes, Reog Banjar dari Kota Banjar, Tari Sunda Kreasi dari Kabupaten Majalengka, dan Wayang Singget dari Kabupaten Cilacap.
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutan pembukaannya menyampaikan, bahwa wilayah perbatasan bukanlah suatu yang selalu terkesan sebagai daerah tertinggal. Tetapi wilayah perbatasan harus kita bangun bersama menjadi daerah yang maju. Karena sesungguhnya daerah perbatasan merupakan etalase/wajah dari kedua provinsi yang berbatasan yakni Jawa Barat dan Jawa Tengah. “semangat kebersamaan harus kita bangun terus, guna mewujudkan Kabupaten/kota yang tergabung dalam KUNCI BERSAMA sebagai daerah yang maju dan sejahtera bagi seluruh masyarakat” Tambahnya.
Sementara itu Bupati Kuningan H. Aang hamid Suganda sebagai penggagas KUNCI BERSAMA mengucapkan terima kasih kepada kabupaten Cilacap yang telah menjadi tuan rumah yang baik “ penyelenggaraan PORSENITAS di kabupaten Cilacap sungguh luar biasa, saya ucapkan terima kasih kepada kabupaten Cilacap atas penyambutan yang diberikan ini.”

Usai pembukaan dilanjutkan dengan pembukaan Cilacap Ekpo 2013, yang menampilkan berbagai produk unggulan dari depalan Kabupaten/Kota KUNCI BERSAMA dan produk-produk dari 24 Kecamatan se Kabupaten Cilacap. (yohanes)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: