Navigation

DEDIKASI DAN KINERJA BUPATI KUNINGAN DIGANJAR “SI KOMPAK AWARD”




Diakhir periode kepemimpinan Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, kembali beliau mempersembahkan prestasi gemilang dengan meraih anugerah penghargaan “Si kompak Award” dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI sebagai Pembina terbaik nasional kategori Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) aspek kemitraan dan kerjasama.
Anugerah “Si Kompak award” atau anugrah pemberdayaan 2013 merupakan bentuk apresiasi dari Pemerintah Republik Indonesia kepada lembaga dan pelaku pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang punya dedikasi, prestasi dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya di daerah melalui PNPM Mandiri Perdesaan.
Perhargaan “Si Kompak Award” diberikan langsung Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi saat pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan tahun anggaran 2013, Selasa (18/6) di ruang Puri Agung, Hotel Grand Sahid Jaya kepada Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda yang telah memberikan dedikasi dan kinerja terbaiknya yang dibuktikan dengan terpilihnya lembaga atau pelaku di daerah dampingannya yaitu Kecamatan Kadugede yang secara bersamaan mendapatkan anugrah penghargaan tersebut sebagai lembaga atau pelaku terbaik nasional.
Seperti diketahui, PNPM Mandiri Perdesaan merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang mendukung PNPM Mandiri dengan wilayah kerja dan target sasarannya masyarakat di perdesaan. PNPM Mandiri Perdesaan mengadopsi sepenuhnya mekanisme dan prosedur Program Pengembangan Kecamatan (PPK) yang telah dilaksanakan sejak 1998.
Program pemberdayaan masyarakat ini dapat dikatakan sebagai program pemberdayaan masyarakat terbesar di tanah air, bahkan terbesar di dunia. Dalam pelaksanaannya, program ini memprioritaskan kegiatan bidang peningkatan kapasitas masyarakat, infrastruktur desa, pengelolaan dana bergulir bagi kelompok perempuan, dan kegiatan pendidikan serta kesehatan bagi masyarakat di perdesaan.
Dalam Pelaksanaannya, seluruh anggota masyarakat didorong terlibat dalam setiap tahapan kegiatan secara partisipatif, mulai dari proses perencanaan, pengambilan keputusan dalam penggunaan dan pengelolaan dana sesuai kebutuhan paling prioritas di desanya, sampai pada pelaksanaan kegiatan, pengawasan dan pelestariannya.
Adapun tujuan umum dari pelaksanaan rakernas tersebut adalah memperoleh kesamaan pemahaman dan persepsi antara Pemerintah dan Pemerintah Daerah dalam melaksanakan koordinasi dan komitmen dalam penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat sementara tujuan khususnya adalah memperkuat komitmen bersama antara Pemerintah dan Pemerintah Daerah dalam penanggulangan kemiskinan di Indonesia melalui pemberdayaan masyarakat untuk mencapai masyarakat mandiri, mempertegas system koordinasi untuk mensinkronisasikan kebijakan dalam rangka mengintegrasikan program penanggulangan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat, mensosialisasikan strategi penanggulangan kemiskinan dan perencanaan pembangunan partisifatif yang berbasiskan pemberdayaan masyarakat serta mengevaluasi progress tahapan pelaksanaan dan penyerapan anggaran tahun anggaran 2013. (beben)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: