Navigation

KOPERASI KUAT RAKYAT SEJAHTERA




Panitia Hari Koperasi ke-63 tingkat Kabupaten Kuningan menggelar berbagai kegiatan dengan tujuan untuk mewujudkan gerakan koperasi sebagai dasar pengembangan kekuatan ekonomi rakyat yang mampu mendorong pembangunan ekonomi nasional secara mandiri, berkeadilan dan berkelanjutan. Penguatan koperasi sebagai penguatan ekonomi masyarakat merupakan salah satu tujuan didirikannya koperasi sebagai salah satu wadah dalam kesatuan ekonomi kerakyatan.
Gerakan koperasi dalam perjalanannya memang tidak semulus yang kita bayangkan, banyak tantangan dalam mengembangkan kehidupan berkoperasi  seperti yang dicita-citakan bapak koperasi Moch Hatta. Perbankan telah tumbuh menjadi salah satu kekuatan ekonomi baru di negeri ini. Dengan berbagai program yang ditawarkan kepada masyarakat, perbankan telah tumbuh dan berkembang menjadi competitor koperasi.
Untuk itu Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Koperasi dan UKM setiap tahunnya mendorong tumbuhnya koperasi di berbagai kecamatan dan sekolah agar tetap berlangsung kehidupan berkoperasi di masyarakat. Hal ini juga bukan perkara yang mudah, perlu komitmen antara berbagai pihak dalam menumbuhkannya.
Tahun 2013 ini Kabupaten Kuningan mendorong 2 kecamatan untuk menjadi kecamatan koperasi yaitu Kecamatan Jalaksana dan Kecamatan Garawangi, hal ini tentunya menjadi salah satu upaya dari pemerintah dalam mengembangkan kehidupan berkoperasi. Acara pencanangan 2 kecamatan koperasi itu dilaksanakan di halaman balai Desa Jalaksana Sabtu 6/07. Hadir dalam acara tersebut Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, Ketua TP PKK Hj. Utje Ch. Suganda, serta undangan dan masyarakat sekitar yang antusias menyambut kehadiran Bupati H. Aang dan Hj. Utje.
Menurut ketua panitia penyelenggara H. Iim Ibrahim . BA, “ momentum peringatan hari koperasi merupakan momentum sangat penting dalam rangka membangkitkan kembali kehidupan berkoperasi di Indonesia serta meningkatkan peran ekonomi rakyat bagi tercapainya Indonesia yang maju dan sejahtera. “
Sementara itu Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda dalam sambutannya mengatakan, “ Kabupaten Kuningan memiliki banyak potensi untuk dapat dikembangkan dan dikelola sehingga menjadi modal utama dalam akselerasi pembangunan ini. “ papar Aang.
Dalam upaya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia khususnya sector daya beli, penguatan struktur perekonomian masyarakat harus berdampak holistic dalam arti dapat memperlancar, memperbaiki dan menyehatkan urat nadi perekonomian masyarakat, sehingga masyarakat pelaku usaha dan koperasi sebagai bada usaha bagi pelaku UMKM dapat menjalankan aktifitas usahanya secara dinamis dalam iklim usaha yang kondusif, yang pada akhirnya KUMKM dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Tutup Aang.
Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan piala dan bantuan kepada para pelaku UKMKM serta pemberian sertifikat halal dari MUI kepada pemilik usaha makanan. * DOniS*
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: