Navigation

Bagian Pembangunan Setda selenggarakan Konsultasi Buku Putih Sanitasi (BPS)


Sanitasi  sebagai salah satu aspek pembangunan yang memiliki fungsi penting dalam menunjang tingkat kesehjateraan masyarakat karena berkaitan langsung dengan kesehatan, pola hidup masyarakat, kondisi lingkungan pemukiman serta keyamanan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga sanitasi telah menjadi salah satu aspek pembangunan yang menjadi prioritas dan diperhatikan hal tersebut terungkap dalam kegiatan konsultasi Publik Buku Putih Sanitasi (BPS) Tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Bagian Pembangunan Setda Kabupaten Kuningan, Kamis (26/9) di gedung Permata Kuningan. 


Kepala Bagian Pembangunan selaku ketua panitia H. Bambang Heriyanto,S.Sos,M.Si dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan konsultasi publik mengenai buku putih sanitasi (BPS) ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran yang jelas dan faktual mengenai kondisi sanitasi dan perilaku masyarakat yang berkaitan dengan sanitasi untuk mendapat masukan, persetujuan dari pemangku kepentingan dan sebagai bahan penetapan buku putih sanitasi memotret kondisi sanitasi dari berbagai sapek teknis dan  non teknis ,” Analisis akar masalah sebenarnya sebagaimana dipaparkan dalam buku putih sanitasi yang memeberikan dasar atau subtifikasi mengapa diperlukan langkah-langkah perbaikan sanitasi”
Lebih lanjut H. Bambang Heriyanto,S.Sos,M.Si menuturkan bahwa buku putih sanitasi kabupaten Kuningan merupakan dasar dan acuan dimulainya perkerjaan sanitasi secara lebih terintergrasi kerena merupakan hasil kerja berbagai komponen dinas atau kelembagaan lain yang terkait dengan sanitasi. “dalam konsultasi penyusunan buku putih sanitasi ini, pokja melakukan pemetaan kondisi sanitasi kabupaten Kuningan berdasarkan data sekunder yang terkonsilidasi dan data primer hasil survey serta hasil studi environmenthal health risk assessment (EHRA) dan wilayah kajian buku putih sanitasi (BPS) yaitu seluruh  kelurahan/ desa yang berada diwilayah kabupaten Kuningan,  “.
Sementara itu  sambutan Bupati Kuningan yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan Drs. Sadudin, M.Si   menjelaskan bahwa program percepatan pembangunan sanitasi  pemukiman (PPSP) merupakan penjabaran kebijakan pembangunan dan infrastruktur  kedalam langkah-langkah tindakan nyata secara terpadu baik dari sisi waktu maupun jenis program, serta disusun dengan mempertimbangkan dan mengadopsi semua kebijakan perencanaan pembangunan dan penataan ruang bidang sanitasi. Bupati Kuningan juga berharap dengan adanya kegiatan konsultasi publik penyusunan buku putih sanitasi (BPS) kabupaten Kuningan diharapkan peserta dapat mengkoreksi serta  memberikan masukan yang benar-benar dapat membantu dalam menyempurnakan tahap penyusunan dokumen perencanaan buku putih sanitasi  (BPS) dan strategi sanitasi kabupaten Kuningan ini, selain dari pada itu dengan disusunnya dokumen buku putih sanitasi tersebut dapat dijadikan pedoman  dalam rangka pengembangan pembangunan sanitasi yang lebih terarah  dan tepat sasaran serta dapat menjawab permasalahan yang ada terutama bidang sanitasi.
Hadir dalam kemepatan tersebut  Komisi C DPRD Kabupaten  Kuningan, Para kepala SKPD, Para camat, Nara Sumber Pokja AMPL dan Fasilitator provinsi Jawa barat dan para undangan lainnya.
-yohanes-
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: