Navigation

224 ORANG PENGURUS PMI RESMI DILANTIK


Sebanyak 224 orang pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan se-Kabupaten Kuningan, Senin (18/11) bertempat di Restoran Lembah Ciremai (LC) resmi dilantik ketua PMI Kabupaten Kuningan Hj. Utje Ch Suganda, M.AP.
Ikut menghadiri Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, Sekretaris Daerah Drs. H. Yosep Setiawan, M.Si, Ketua Penyelengara Drs. H. Yayan Sofyan, MM, serta beberapa pemateri dr. HM. Afif Kosasih, M.Kes, Drs. H. Sudirman, SP, MM, dan H. Nana A Sukmana, M.Si.
“Maksud dan tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah mengukuhkan Pengurus Palang Merah Indonesia kecamatan-kecamatan periode 2012-2017,” ujar Ketua Penyelengara Drs. H. Yayan Sofyan, MM
Menurutnya, pengurus PMI ini berjumlah 7 orang untuk tiap kecamatan se-Kabupaten Kuningan dan sekaligus akan diberikan pembekalan kepalangmerahan yang terdiri atas bidang penanggulangan bencana dan SDM, bidang pelayanan kesehatan dan UUD, bidang pengembangan organisasi dan kehumasan serta bidang kesekertariatan.
Sementara itu ketua PMI Kabupaten Kuningan Hj. Utje Ch Suganda, M.AP. mengatakan para pengurus kecamatan yang baru dilantik harus segera mengadakan konsolidasi jangan sampai selesai dilantik dan dikukuhkan tidak ada tindak lanjut.
“Jangan “cicing” atau diam pahami tupoksi sebagai pengurus, buat program kerja yang sesuai dengan situasi dan kondisi kecamatan masing-masing dengan mengacu kepada program kerja PMI kabupaten,” pintanya.
Jajaran pengurus PMI, lanjut Ia, diharapkan dapat mensosialisasikan dan menjelaskan kepada masyarakat bahwa darah di PMI tidak diperjual-belikan, yang ada biaya hanya untuk mengganti labu, alat habis pakai serta pengolahan darah di laboratotium.
Lebih lanjut, beliau mengatakan, kedepan akan dibentuk PMI Kecamatan percontohan dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan sebagai bagian dari upaya peningkatan kinerja para pengurus.
Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, dalam sambutannya mengatakan, peran PMI kecamatan diharapkan dapat memaksimalkan dalam menjalankan misi-misi kemanusiaan yang selalu aktif dan peduli terhadap berbagai upaya penanganan masalah kemanusiaan. “PMI harus memiliki kesigapan untuk terjun membantu masyarakat di daerah yang terkena bencana alam maupun di daerah-daerah konflik. “ ujarnya
Tugas dan tanggung jawab moral PMI, lanjut Ia, diperkirakan akan semakin berat, karena saat ini dihadapkan pada kenyataan, bahwa hampir seluruh warga Indonesia merupakan daerah yang memiliki potensi bencana alam sehingga dituntut kesiapsiagaan PMI untuk turut melakukan antisipasi menanggulangi bencana aalam yang mungkin akan terjadi.
Beliau berharap, kemampuan keluarga besar PMI se-Kabupaten Kuningan untuk membantu mengoptimalkan pelaksanaan bulan dana PMI yang bertujuan mengumpulkan dana dari masyarakat serta perlu ada terobosan baru yang kelak saudara lakukan untuk lebih mensukseskan pelaksanaan bulan dana PMI di wilayah masing-masing. (beben)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: