Navigation

ELANG JAWA PERLU DILESTARIKAN






Sebagai Kabupaten Konservasi, Kabupaten Kuningan telah berusaha berbagai upaya untuk mewujudkannya. Salah satu upaya tersebut adalah penyelamayan satwa dengan menyiapkan regulasi dalam bentuk Peraturan Daerah No 10 tahun 2009 tentang pelestarian satwa burung yang dilindungi tersebut adalah jenis Elang Jawa.
Elang Jawa adalah jenis burung endemic pulau jawa, artinya jenis ini hidup dan berkembang hnya di pulau jawa dengan daerah penyebaran terbatas hanya di dataran rendah hutan, perbukitan dan pegunungan. Sebagai burung endemic  jawa, maka keberadaan hutan alam di jawa merupakan habitat utama yang sangat rentan dan sensitive terhadap perubahan dan kerusakan hutan alami pulau jawa.
Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Kuningan bekerjasama dengan BTNGC dan Lembaga Swadaya Masyarakat berupaya untuk melestarikan elang jawa dengan cara melepasliarkan seekor elang jawa jantan di kawasan Lambusir kaki Gunung Ciremai, selasa 19 November 2013. Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda beserta Istri yang juga Bupati terpilih 2013-2018 Hj. Utje Ch. Suganda, Kepala BTNGC Sulhadi, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Ukas Suhartaputra SP. MP serta para pecinta alam se-Kabupaten Kuningan.
Menurut Bupati dalam sambutannya, antara kurun waktu 2004-2010 sekitar 110 pasang elang jawa menghilang atau diambil dari alam akibat perburuan dan perdagangan illegal sehingga di alam sekitar 22 pasang menghilang setiap tahunnya.  Perburuan dan perdagangan burung elang juga merupakan ancaman yang sangat serius bagi kelangsungan populasi elang di alam.
Atas alas an tersebut Pemerintah Kabupaten Kuningan berupaya untuk dapat melestarikan populasi elang jawa agar tidak punah dan ekosistem hutan tetap akan berlangsung alami sehingga kehidupan manusia akan tetap terjaga dengan baik.  Bupati juga bersyukur pada zaman sekarang masih ada generasi muda yang peduli tehadap alam.
“Saya merasa bangga kepada anak muda yang terus menjaga alam ini sehingga masih terjaga dengan baik alam di Kabupaten Kuningan ini “. Tutup Aang. *DOniS*



Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: