Navigation

BUPATI CANANGKAN GERAKAN 1 MILYAR POHON






Bupati Kuningan Hj. Utje Ch. Suganda mencanangkan gerakan tanam 1 milyar pohon yang bertempat di situ Cihaur Desa Cihaur Kecamatan Ciawigebang, Selasa 11 Desember 2013. Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama, Dandim 0615 Letkol Kav. Sugeng Wakito Aji, Kapolres AKBP Hari Kurniawan, S.Ik, MH, Ketua TP PKK Ika Acep, Ketua Dharma Wanita Persatuan Hj. Popi Yosep.
Sebagai salah satu upaya pemerintah untuk menyukseskan gerakan rehabilitasi lahan kritis yang sekarang mencapai 22.760,40ha, pemerintah pusat mencanangkan gerkan tanam 1 milyar pohon. Hal ini dimaksudkan untuk lahan-lahan kritis dapat berubah menjadi lahan produktif yang nantinya dapat berguna untuk kehidupan manusia.
Kabupaten Kuningan sendiri merupakan salah satu Kabupaten yang telah mencanangkan sebagai Kabupaten Konservasi, oleh karena itu program-program seperti ini sangat selaras dan sejalan dengan keinginan Kabupaten Kuningan untuk menjadi Kabupaten Konservasi.
Menurut Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Ukas Suharsaputra, tujuan dari gerkan tanam 1 milyar pohon ini adalah untuk menambah tutupan lahan dan hutn guna mencegah longsor dan banjir di musim penghujan serta meyerap karbondioksida akibat mitigasi perubahan iklim dan penyediaan bahan baku industry pengolahan kayu, pangan dan energy terbarukan.
Selanjutnya kegiatan yang diikuti oleh 150 orang ini mengambil tema “ Wariskan Hutan yang lebih baik untuk generasi penerus bangsa “, hal ini tentunya mengandung banyak makna yang harus kita sikapi bersama. Betapa pentingnya kelestarian alm dan hutan bagi kehidupan manusia. Pungkas Ukas.
Sementara itu Bupati pertama wanita di Kuningan Hj. Utje Ch. Suganda dalam sambutannya mengatakan, sesuai dengan Visi Kabupaten Kuningan, Mandiri, Agamis dan sejahtera pada tahun 2018, mari kita wujudkan kesejahteraan masyarkat Kabupaten Kuningan melalui penyelenggaraan pembangunan disegala bidang atas dasar kebersamaan, rasa memiliki dan tanggung jawab serta semangat untuk menjadikan kuningan lebih maju dan sejahtera.
Selanjutnya melalui pencangan penanaman ini saya mengajak semua pihak dan masyarakt untuk dapat memanfaatkan lahan-lahn yang terlantar dengan cara menanam pohon, sehingga selain memberikan manfaat ekonomi juga memberikan manfaat social dan lingkungan. Pungkas Utje. *DOniS*

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: