Navigation

Masyarakat Kuningan harus Paham Bahasa Sunda




Bahasa sunda yang merupakan bahasa lokal masyarakat  Jawa Barat  Keberadaannya mulai  mengalami kemunduran karena pada saat ini praktek penuturan bahasanya minim dilakaukan oleh masyarakat Jawa Barat.  Hal tersebut yang mendasari Dinas Kebudayaan dan Parawisata Kabupaten Kuningan menyelenggarakan Pelatihan Dasar Aksara sunda yang merupakan bagian dari peringatan Hari Bahasa Indung (Ibu) Internasional yang diselenggarakan, Salasa (25/2) di Gedung Kesenian Kuningan. Acara yang dibuka oleh Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH, MH tersebut dihadiri oleh para pamong budaya yang ada dikabupaten kuningan, mahasiswa dan para pelajar. 


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kuningan Drs. Teddy Suminar   mengungkapkan tujuan diselenggarakannya acara tersebut agar masyarakat kabupaten Kuningan kembali mengenal dan memahami budaya sunda dan adat budaya sunda  terutama bahasa sunda “ kegiatan pelestarian Budaya sunda selaras dengan peraturan daerah Kabupaten Kuningan No. 6 Tahun 2006 tentang melestarikan bahasa, sastra dan tulisan sunda. Selain acara ini rencananya akan digelar kegiatan lainnya diantaranya Festival Fasion Entik Sunda yang akan digelar pada acara car free day tanggal 2 Maret 2014” kata  Drs. Teddy Suminar.

Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH, MH dalam sambutannya  menjelaskan bahwa tulisan sunda merupakan tulisan yang biasa dipakai dilingkungan masyarakat sunda jaman dulu. “ melihat tersebut saya selaku pemerintah merasa bangga terhadap penyelenggaraan acara ini yang telah menyelenggarakan pelatihan Tulisan Sunda dalam rangka memperingati bahasa ibu (indung) dan juga kegiatan-kegiatan lainnya seperti maca sajak sunda, saresehan bahasa wewengkon, car free day etnik sunda. Urang Sunda Kudu tetep Micinta Kana Kasundaan Sangkan Jati ulah Kasilih Ku Junti”. Kata Wakil Bupati Kuningan-------Yohanes-------
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: