Navigation

AKSI TEATRIKAL WARNAI KAMPANYE 1 JAM MATIKAN LISTRIK





Aksi teatrikal, pembacaan puisi, kegiatan belajar mengajar, dan bernyanyi tentang alam serta kelestarian lingkungan diperankan 3 (tiga) orang anak Sekolah Dasar serta seorang guru warnai kampanye 1 jam mematikan lampu/peralatan listrik atau 60+ EARTH HOUR 2014 yang digelar Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Kuningan bekerjasama dengan Bank Jabar Banten serta PT PLN UPJ Kuningan, Minggu (23/3/2014) di Lapangan Pandapa Paramarta.
Earth Hour merupakan gerakan konservasi lingkungan yang terbesar di dunia saat ini, Earth Hour menyampaikan kampanye ‘60+’ yang memiliki makna “Beyond The Hour’ di Indonesia digemakan dengan pesan ‘Setelah 1 jam jadikan gaya hidup’, Sosialisasi ini mengajak warga kuningan khususnya dan warga dunia pada umumnya untuk menjadikan aksi mematikan lampu dan peralatan listrik pada tanggal 29 maret 2014 pukul 20.30 – 21.30 WIB.” yang tidak digunakan sebagai momentum untuk mau berkomitmen lebih bagi aksi yang mendukung kelestarian alam dan lingkungan kita.
Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Kuningan Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos, M.A.P, Kepala BPLHD Ir. H. Dodi Nurochmatuddin, Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran, dan Kerusakan Lingkungan, Syarifudin, S.Ip, MM, dan Kepala Bidang Konservasi Lingkungan Lia Prilyawati, LSM Akar, Mapala UNIKU, Peserta dari SMAN 3 dan 2, serta Peserta dari SMP 1 dan 2.
Bupati Kuningan Hj. Utje Ch Suganda, mengatakan kampanye ini diinisiasi oleh WWF (World Wide Fund for Nature) dan mulai digagas pada tahun 2007 di Kota Sidney, Australia. Tahun 2012 kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di 135 negara dengan melibatkan 80 ibukota Negara, 5.251 kota yang berkomitmen, dengan tingkat partisipasi 1,8 milyar penduduk dunia.
“Di Indonesia Earth Hour ini sudah dilaksanakan di lebih dari 22 kota, tahun 2013 baru lima kota di Jawa Barat yang menyatakan ikut berpartisipasi, yakni Bandung, Bogor, Depok, Bekasi serta Cimahi. Tahun ini diharapkan seluruh kabupaten di Jawa Barat ikut melaksanakan kegiatan ini,” harapnya.
Tentu saja, Lanjut Hj Utje,  keikutsertaan kita pada tahun ini dalam program ini tidak semata latah dan sekedar prestise. Karena kita meyakini ada begitu banyak manfaat yang akan kita dapatkan ketika berperan serta pada kampanye global ini.
Menurutnya, berdasarkan fakta tahun 2012 masih ada 29 persen masyarakat di Indonesia belum tersentuh listrik Karena pada saat yang sama fasilitas listrik banyak tersedot ke kota-kota besar yang kebutuhan terhadap listrik terus meningkat setiap tahunnya.
Hj. Utje, berharap, kegiatan ini dapat dilanjutkan dalam aktivitas keseharian kita sehingga dapat menghemat listrik. “Kampanye global Earth Hour ini menjadi titik awal yang baik untuk terus melakukan hemat listrik dalam keseharian, semoga dengan melakukan aksi kecil ini diharapkan dapat membawa perubahan besar.” (beben)

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: