Navigation

Pengelolaan PBB P2 dilaunching






KUNINGAN.   Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH, MH resmi melaunching Pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan  Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) di Kabupaten Kuningan, Senin (3/3). Lauching tersebut dilaksanakan  setelah  adanya pelimpahan  kewenangan kepada pemerintah daerah untuk mengelola  beberapa pajak yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 28 tahun  2009 tentang pajak daerah  dan restribusi daerah.
Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan peresmian pengunaan gedung Dinas Pendapatan Kuningan, gedung yang terletak di Jl. Arujikartawinata tersebut merupakan kantor  bekas  BJB Syariah.    Hadir dalam acara tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Ketua DPRD Kab. Kuningan, Sekretaris Daerah Kab. Kuningan,Kepala KPP Pratama kabupaten Kuningan, Kepala  cabang  Bank BJB Kuningan,  Para Kepala SKPD se-Kabupaten Kuningan, Para camat Se-Kabupaten Kuningan, Para Tokoh Masyarakat, dan para pengusaha wajib pajak. 

Kepala Dinas Pendapatan Kab. Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M. Si  mengatakan bahwa dengan adanya Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah telah membawa konsekuensi logis berupa pengalihan pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan  Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2)  secara mandiri oleh pemerintah daerah “ dengan hal tersebut kami  menyadari bahwa  tugas dan tanggung jawab Dinas Pendapatan Kabupaten kuningan akan semakin berat , karena  pengelolaan PBB-P2 sangat kompleks, dengan jumlah obyek pajak yang sangat besar dan tersebar diseluruh wilayah kabupaten Kuningan dengan obyek pajak  yang mencapai 846.000 hal tersebut menjadi  tantangan yang cukup berat bagi Dinas Pendapatan Kabupaten Kuningan , namun kami akan terus berbenah diri untuk dapat menawab tantangan tersebut”
Kepala Dinas Pendapatan Kabupaten Kuningan juga menuturkan bahwa Potensi penerimaan  Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2)  di Kabupaten Kuningan  sebesar  Rp. 15,55 Milyar dimana angka tersebut merupakan  potensi pajak yang paling besar dalam komponen Pajak daerah di Kabupaten Kuningan . “ untuk itu kami berharap pemungunan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2)  dapat berjalan dengan optimal dan teralisasi dengan  100%, kami  optimis dengan target pencapian tersebut, mengingat bahwa kabupaten Kuningan merupakan salah satu kabupaten tercepat dalam pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan Peresaan dan Perkotaan (PBB-P2)  di Provinsi Jawa Barat” Kata Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si
Untuk potensi pajak di luar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan perkotaan (PBB-P2)  Dinas Pendapatan (Dipenda) Kabupaten Kuningan memiliki  trend  positif dimana pencapaiannya melebhi target  yakni 105,69% dari target sebesar  Rp 120,67 Milyar.
Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama dalam sambutannya  berharap bahwa dalam pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan  (PBB-P2) dapat berjalan dengan maksimal sehingga dapat berkontrubusi secara signifikan  terhadap pendapatan asli daerah” begitu pula pada taun-tahun mendatang, potensi pajak bu,I dan bangunan diharapkan untuk dapat terus meningkat secara postif dan terealisasi dengan baik” kata Wakil Bupati Kuningan.
H. Acep Purnama juga menuturkan  bahwa sampai dengan tahun 2013 angka kemandirian keuangan kabupaten Kuningan yang dihitung berdasarkan proporsi PAD terhadap APBD baru mecapai rata-rata  sebesar 7,75%, angkan tersebut merupakan angka kemandirian yang  belum ideal, tetapi secar perlahan ada peningkatan kemandirian  keuangan di Kabupaten Kuningan dimana pada tahun  2014 rasio kemandirian keuanga kabupaten Kuningan telah mencapai 9,87% dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp. 142,8 Milyar dari total Pendapatan Daerah Sebesar Rp. 1, 45 Trilyun
“ atas kerja dan inovasi yang salam ini telah didedikasikan oleh Dinas Pendapatan Kabupaten Kuningan dalam mendongkrak  pendapatan daerah, kami sangat mengapresiasi, semoga kinerja Dinas Pendapatan (Dipenda0 kabupaten Kuningan dapat terus meningkat untuk menyokong kegiatan pembangunan selain itu juga saya mengajak  kepada seluruh  masyakat kabupaten Kuningan untuk saling bahu membahu dan ikut berkontribusi dalam mensukseskan pengelolaan pajak yang optimal dan efektif, sesuai dengan bidang tugas dan peran kita  masing-masing, sehingga kabupaten Kuningan yang Mandiri, Agamis dan sejahtera dapat Terwujud” Ucap Wakil Bupati Kuningan ----------Yohanes_________
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: