Navigation

HARI OTONOMI DAERAH KE XVIII



“Dengan Otonomi Daerah Kita Sukseskan Pemilu 2014 Dalam Upaya Memperkuat Tata Kelola Pemerintah Daerah” merupakan tema dalam peringatan Hari Otonomi Daerah ke XVIII pada tanggal 25 April 2014 dan untuk kabupaten Kuningan  peringatan Hari Otonomi Daerah ke XVIII diselenggarakan dalam sebuah Upacara sederhana di halaman Setda Kabupaten Kuningan pada Hari Jumat (25/4). Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Kuningan Hj. Utje Ch. Suganda yang  yang dihadiri pula oleh Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Drs.H Yosep Setiawan M.Si para kepala SKPD  dan para peserta upacara dari berbagai SKPD.

Dalam sambutannya Menteri Dalam Negeri yang dibacakan oleh Bupati Kuningan Hj. Utje Ch. Suganda mengungkapkan bahwa makna dalam peringatan Hari Otonomi Daerah bahwa kapasitas penyelenggara pemerintahan daerah harus terus ditingkatkan sebagai perubahan lingkungan strategis sehingga dapat kompatibel, tangguh dan handal dalam melakukan urusan-urusan dan fungsi-fungsi pelayanan untuk semata-mata kesehjahteraan masyarakat.

Selain itu juga otonomi daerah pada dasarnya mempunyai  dua tujuan utama yaitu tujuan demokrasi dan tujuan kesejahteraan. Tujuan demokrasi  memposisikan pemerintahan daerah sebagai instrumen pendidikan politik ditingkat lokal yang secara agregat akan menyumbang terhadap pendidikan politik secara nasional untuk mempercepat terwujudnya  masyarakat madani atau civil society. Tujuan kesehjahteraan mengisyaratkan pemerintahan daerah untuk menyediakan pelayan publik bagi masyarakat lokal secara efektif, efisien dan ekonomis.

Selain itu juga Menteri Dalam Negeri dalam sambutannya  menjelaskan bahwa kebijakan otonomi daerah telah menghasilkan banyak kemajuan namun harus kita sadari juga bahwa masih perlu dilakukan pembenahan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah antara lain: Kompetensi SDM Aparatur, Sinegritas perencanaan pembangunan antar tingkat pemerintahan pusat, provinsi dan kabupaten/kota, pengelolaan keuangan daerah yang efisien, efektif, transparan dan akuntable, peningakatan tata kelola pemerintahan. Perjalanan mencapai tujuan otonomi daerah masih harus kita teruskan secara tekun, penuh semangat, dan berkesinambungan.

Berkaitan dengan Pemilu Legislatif yang baru saja kita laksanakan bersama saya atas nama Pemerintah menghaturkan apresiasi kepada seluruh Pemerintah Daerah dan masyarakat dengan telah mendukung terselenggaranya Pemilu DPR, DPD dan DPRD pada tanggal 9 April 2014 yang berjalan lancar. Ungkap Mendagri yang disampaikan Bupati Utje. *DoniS*
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: