Navigation

PEMKAB AKAN BANGUN TANGGUL UNTUK ATASI BANJIR





Banjir luapan Sungai Cisanggarung yang sering melanda permukiman dan lahan pertanian masyarakan di Desa Datar, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan, dipastikan akan ditanggulangi oleh pemerintah tahun ini.
Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan Kabupaten Kuningan Amirrudin, Rabu (23/4/2014), menyebutkan, masalah sungai akan ditanggulangi dengan bangunan tanggul penahan banjir sepanjang 600 meter.
“Pembuatan tanggul penahan banjir sepanjang itu dilaksanakan pemerintah melalui Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung atas usulan Bupati Kuningan,” ujar Amiruddin yang mendampingi Bupati Kuningan Utje Choeriah Hamid Suganda ketika meninjau lokasi sungai yang akan ditanggul di desa tersebut, Rabu (23/4/2014) siang, seraya menyebutkan biaya pembuatan tanggul nsepanjang itu dianggarkan pemerintah sebesar Rp 3,3 miliyar melalui BBWS Cimanuk-Cisanggarung.
Selain meninjau lokasi untuk proyek tersebut, Bupati Kuningan Utje Choeriah Hamid Suganda juga sempat bersiraturahmi dengan warga di desa tersebut.
Dalam kesempatan itu, Utje mengajak masyarakat Desa Datar agar turut mengawasi pengerjaan proyek tersebut.
Terkait dengan itu Amiruddin menyatakan, pihaknya juga akan memantau serta mengawasi langsung kegiatan proyek tersebut.
“Kami mengharapkan proyek bantuan pemerintah ini dibuat sesuai dengan rencana dan memenuhi standar kualitas bangunan yang baik,” kata Amiruddin.
Amiruddin optimistis jika pembangunan tanggul tersebut sudah terwujud, masalah banjir luapan sungai Cisanggarung yang setiap musim hujan sering melanda pemukiman dan areal pertanian di Desa tidak akan terulang kembali.
Dia juga menambahkan, berdasarkan rencana dari Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung, pembuatan tanggul sepanjang itu akan digarap sampai tuntas pada tahun 2014.
Sementara itu, menurut masyarakat di Desa Datar,Kecamatan Cidahu,Kabupaten Kuningan, serta data laporan bencana di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kuningan, di sebutkan bahwa sungai Cisanggarung yang berada di desa tersebut hamper setiap musim hujan airnya sering meluap. Luapan air dari sungai tersebut sering melanda pemukiman tersebut serta menggenangi areal pesawahan sehingga merusak tanaman padi dan lahan pertanian penduduk setempat.
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: