Navigation

Rakerda mantapkan program kependudukan, KB dan Kesehatan



Bertempat di Lembah Ciremai Resto Kuningan Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH. MH membuka Rapat kerja Daerah Program kependudukan, Keluarga Berencana dan Kesehatan Kabupaten Kuningan pada Rabu (16/4). Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala perwakilan BKKBN provinsi Jawa Barat Ir. Siti Patonah, M,PH, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) kabupaten Kuningan,  Sekretariat Daerah  Kabupaten Kuningan  H. Yosep Setiwan, M.Si,  kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan  (BKBPP) Kabupaten Kuningan Dra. Hj. Poppy N. Puspitasari, Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Kuningan,  Direktur RSUD’45 Kuningan serta para peserta Rakerda.




Kepala kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan  (BKBPP) Kabupaten Kuningan Dra. Hj. Poppy N. Puspitasari, dalam sambutannya  menjelaskan bahwa kegiatan rapat kerja daerah program kependudukan, keluarga berencana  dan kesehatan tahun 2014 merupakan wahana yang strategis untuk mengevaluasi, merencanakan dan membangun komitmen bersama dimana raker tersebut diikuti 200 orang yang terdiri dari unsur SKPD,penanggung jawab program tingkat kecamatan, unit pelaksana teknis, organisasi profesi serta mitra kerja “
Wakil bupati Kuningan H. Acep Purnama SH, MH mengatakan bahwa tingka kesertaan ber KB masyarakat tahun 2013 sebesar 173,497 peserta atau 79,57% dari Pasangan usia Subu (PUS)  sebanyak 230,288. “ peran remaja melalui kegiatan generasi berencana(genre) sudah  cukup baik, sehingga mengantarkan kabupaten Kuningan menjadi juara I Jawa barat dalam duta mahasiswa atas nama Ageng Sutrisno dari UNIKU dan Juara I jawa Barat dalam loba pusat Informasi dan konseling remaja (PIK-R) atas nama Pusat Informasi Konseling (PIK) R  Patriot dari SMK Model Patriot IV. Ciawigebang yang salah satu siswanya memperoleh juara I TK Nasional atas nama Nursidik” Kata Wakil Bupati Kuningan.
Lebih lanjut H. Acep Purnama SH, MH menjelaskan bahwa pada sector kesehatan diantaranya ditandai  dengan angka harapan hidup 70,94 Tahun, pencapaian  indeks kesehatan sebesar 76,57 pada tahun 2013 yang mengantarkan kabupaten Kuningan memperoleh penghargaan Swasti Saba Pandapa dari Gubenur Jawa Barat selain itu juga penghargaan tingkat nasional kepada Fitri Nurlia AMD,Keb. Sebagai tenaga keperawatan teladan sekaligus mendapatkan penghargaan kuningan Award 2013” begitu pula program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak telah dicapai Anugrah Parahita Ekapraya (APE) dari pemerintah pusat” tambah H. Acep Purnama SH, MH.
Kualitas penduduk di Kabupaten Kuningan yang diukur dengan IPM  masih didominasi oleh metode KB Hormonal sebanyak 192,729 (74,77) dari total 173.497  dan tingkat KB Pria  MOP masih sangat rendah baru mencapai 311 orang (0,18%). Untuk pasangan usia subur yang tidak telindungi kontasepsi sebanyak 56.971 orang sedangkan sector kesehatan  angkat kematian ibu tahun 2013  sebesar 19 kasus, kamatian bayi 149 termasuk masih terjadi kekerasan terhadap perempuan dan anak sebanyak 147 kasus.  -yohanes-
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: