Navigation

PENDIDIKAN UNTUK PERADABAN INDONESIA YANG UNGGUL



Pemerintah Kabupaten Kuningan memperingati Hari Pendidikan Nasional tingkat Kabupaten Kuningan yang bertempat di Pandapa Paramartha komplek Stadion Kuningan, Jumat 2/4/14. Hadir dalam upacara tersebut Bupati Kuningan Hj. Utje Ch. Suganda Wakil Bupati H. Acep Purnama, Sekretaris Daerah H. Yosep Setiawan, Kajari S. Tagamal, SH, Ketua DPRD Rana Suparman, S.Sos, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Drs. Asep Taufik Rohman, M,Si, M.Pd serta para pejabat lingkup Pemkab Kuningan.
Tema “Pendidikan Untuk Peradaban Indonesia yang Unggul” dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini mengingatkan kita bahwa pendidikan bukan hanya untuk menyelesaikan atau menjawab persoalan-persoalan yang sifatnya sangat teknis dan bersifat kekinian semata, melainkan lebih jauh dari itu bahwa pendidikan pada hakikatnya merupakan upaya memanusiakan manusia untuk peradaban yang unggul.
Kita semua harus bersyukur bahwa pada periode tahun 2010 sampai 2035, bangsa kita dikarunai oleh Tuhan Yang Maha Kuasa potensi sumber daya manusia berupa populasi usia produktif yang jumlahnya luar biasa. Jika kesempatan emas yang baru pertama kalinya terjadi sejak Indonesia merdeka tersebut dapat kita kelola dan manfaatkan dengan baik, populasi usia produktif yang jumlahnya luar biasa tersebut insya Allah akan menjadi bonus demografi (demographic dividend) yang sangat berharga .
Pada periode tahun 2010 sampai tahun 2035 kita harus melakukan investasi besar-besaran dalam bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai upaya menyiapkan generasi 2045, yaitu 100 tahun Indonesia merdeka. Oleh karena itu, kita harus menyiapkan akses seluas-luasnya kepada seluruh anak bangsa untuk memasuki dunia pendidikan; mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai ke perguruan tinggi. Tentu perluasan akses tersebut harus diikuti dengan peningkatan kualitas pendidikan, sekalipun kita semua memahami bahwa pendidikan itu adalah sistem rekayasa sosial terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan, keharkatan dan kemartabatan.
Dalam kesempatan ini saya mengajak kepada para guru dan pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama menyukseskan implementasi kurikulum 2013, Insya Allah melalui kurikulum 2013 ini anak-anak kita akan memiliki kompetisi secara utuh yang mencakupi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Itu semua kita lakukan dalam rangka mempersiapkan generasi emas yaitu generasi yang kreatif, inovatif, produktif, mampu berpikir orde tinggi, berkarakter, serta cinta dan bangga menjadi bangsa Indonesia. Dengan generasi emas itulah kita bangun peradaban Indonesia yang unggul, menuju kejayaan Indonesia 2045.
Pada kesempatan tersebut diserahkan Beasiswa kepada 20 orang siswa kurang mampu dan pengumuman siswa-siswi berprestasi baik tingkat Kabupaten  maupun tingkat Propinsi, Nasional dan Internasional. *DoniS*


Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: