Navigation

ATASI PENGANGGURAN PEMKAB GELAR JOB FAIR



Ribuan remaja yang masuk kategori angkatan kerja di Kab.Kuningan, ramai-ramai mengajukan lamaran kerja terhadap perusahaan menengah dan besar pada Job Fair ( Pameran Bursa Kerja ) yang berlangsung selama tiga hari, Selasa sampai Kamis ( 3-5 ) Juni, bertempat di Gedung Sanggariang Kuningan.
Job Fair mendapat sambutan positif dari masyarakat khususnya dari kalangan remaja yang belum memiliki pekerjaan tetap. Selama tiga hari pameran digelar, remaja angkatan kerja berbondong-bondong mengunjungi lokasi pameran dan mereka pun tak sedikit yang langsung mengajukan surat lamaran kerja.

Mereka datang dari Kuningan maupun dari luar Kuningan yang umumnya berusia di bawah 30 tahun baik pria maupun wanita. Sedangkan peserta pameran, tercatat sebanyak 35 perusahaan baik perusahaan lokal, dari Wilayah III Cirebon bahkan ada agen penyalur kerja ke luar negeri.

Beberapa perusahaan, ada pula yang langsung melakukan wawancara dengan pelamarnya dan ada pula yang akan melakukan test pada pekan mendatang.
Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama yang membuka secara langsung kegiatan Job Fair tersebut mengungkapkan, kegiatan job fair ini merupakan bentuk perhatian Pemkab terhadap para angkatan kerja yang belum memiliki pekerjaan yang tetap, melalui kegiatan ini mereka dapat langsung datang dan bertatap muka dengan perusahaan yang membutuhkan karyawan-karyawati sesuai dengan bidang pendisikannya masing-masing.

Lebih lanjut Wabup mengatakan, kegiatan seperti ini perlu terus dibina dan dikembangkan terlebihlagi dimana fenomena penyerapan angkatan kerja masih merupakan isu utama yang dihadapi  oleh beberapa daerah, bahkan secara nasional sehingga langkah peningkatan kualitas SDM angkatan kerja sangatlah tepat apabila diikuti oleh penyediaan lapangan kerja, dengan harapan dapat memberikan konstribusi positif pada pengurangan angka pengangguran.

Seperti kita ketahui bersama bahwa jumlah pengangguran di Kabupaten Kuningan pada tahun 2013 sebanyak 36.000 orang ( Sumber Suseda ) jumlah pencari kerja 20.000 orang dengan tingkat pendidikan perguruan tinggi 30,1% SLTA 37,83%, SLTP 17,85%, SD 14,31%. Menyikapi hal demikian, kami Pemerintah Daerah melakukan beberapa upaya kebijakan strategis diantaranya penyediaan sarana informasi lowongan kerja yang memadai dengan harapan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat pencari kerja sekaligus mendorong dinamika dan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Tutup Wabup. *DoniS*
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: