Navigation

Hj. UTJE RESMIKAN WEBSITE DISTANAKAN DAN SERAHKAN HANDTRAKTOR





Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan, Kamis 12/6/2014 bertempat di halaman kantor Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan  luncurkan website Distanakan serta serahkan 17 unit handtraktor dan 1 unit cultivator kepada kelompok tani.
Sementara Peresmian perdana website distanakan serta penyerahan secara simbolis handtraktor dan cultivator tersebut secara langsung dilaksanakan oleh Bupati Kuningan Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos, M.A.P.
“Website distanakan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara luas, nantinya masyarakat dan pihak-pihak yang berkepentingan akan dengan mudah mengakses perkembangan harga pasar terkini beberapa komoditas pertanian.”
Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Kabupaten Kuningan Ir Bunbun Budhiyasa disela peresmian website distanakan dan penyerahan handtraktor serta cultivator.
Adapun penyerahan handtraktor dan cultivator, lanjut Ia, merupakan upaya mendukung pencapaian produksi padi. “Kita tidak ingin lagi mendengar keterlambatan tanam sehingga dengan handtraktor dan cultivator ini indek pertamanan (IP) dari 200 bisa menjadi 300, dari 300 menjadi 400, Pemerintah Kabupaten Kuningan juga telah dan sedang membenahi infrastruktur pertanian yaitu sejalan dengan usaha tani, jaringan irigasi, dan termasuk pasar ikan,” katanya.
Menurutnya, Kabupaten Kuningan memiliki lahan sawah seluas 28.716 hektar dengan luas lahan tersebut dibutuhkan 1.915 unit handtraktor, sementara yang ada baru 1.033 unit, jadi masih kurang 882 unit. Tahun 2014 ini telah merencanakan pengadaan sebanyak 59 unit terdiri dari yang bersumber dari anggaran APBD Kabupaten Kuningan sebanyak 12 unit dan APBN 17 unit serta dari APBD Provinsi Jawa Barat sebanyak 30 unit.
Sementara itu Bupati Kuningan Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos, M.A.P, dalam sambutannya mengatakan, launching perdana website distanakan dan penyerahan handtraktor serta cultivator merupakan upaya dari Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam pembangunan sektor pertanian.
“Ini langkah nyata yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kuningan sejalan dengan visi Kabupaten Kuningan,” tandasnya
Menurutnya, dengan peralatan pengolahan tanah yang ada sekarang para petani diharapkan mampu menggunakannya secara maksimal sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai dan target surplus beras pun akan terealisasi.
Kabupaten Kuningan, lanjut Beliau, memiliki potensi yang sangat mendukung dalam pencapaian produksi pangan, antara lain tersedianya sumber daya alam yang sangat potensial dan merupakan basis usaha tani. “Potensi ini merupakan modal dasar sehingga diperlukan pengelolaan serta pemanfaatan yang tepat,” tandasnya
Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos, M.A.P, berpesan, website dan perlengkapan pengolahan berupa handtraktor dan cultivator dapat dirawat serta dipergunakan sebaik-baiknya agar dapat bermanfaat bagi kemajuan sektor pertanian di Kabupaten Kuningan. (beben)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

3 comments:

  1. Punten,abdi tiasa ngajuken cultivator honda,kanggo nyanggeman padamelan para petani nudi lamping gunung/hills,ti yusuf ramdan 24 @gmail.com ,puncak kec cigugur,

    BalasHapus
  2. Punten,abdi tiasa ngajuken cultivator honda,kanggo nyanggeman padamelan para petani nudi lamping gunung/hills,ti yusuf ramdan 24 @gmail.com ,puncak kec cigugur,

    BalasHapus