Navigation

PENDATAAN DAN PEMETAAN PENTING UNTUK PENATAAN LINGKUNGAN





Kegiatan penataan lingkungan merupakan salah-satu program berkelanjutan dari pemerintah daerah melalui dinas tata ruang dan cipta karya sebagai upaya membangun dan menata lingkungan permukiman perumahan di perkotaan dan perdesaan dalam mengoptimalkan pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat pada penyediaan infrastruktur yang memadai.
“Dalam pelaksanaannya, pendataan dan pemetaan di lingkungan permukiman perumahan sangatlah penting untuk kemudian menjadi bahan yang akan disampaikan kepada pemerintah daerah dalam hal ini dinas tata ruang dan cipta karya.”
Hal itu disampaikan Wakil Bupati Kabupaten Kuningan H. Acep Purnama, M.H, disela pembukaan sosialisasi program penataan lingkungan permukiman dan perumahan (PLPP) di Wisma Permata, Rabu 25/6/2014. Ikut menghadiri Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan Nana Sugiana, S.E, M.Si, Kepala Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Drs. H. Lili Suherli, M.Si, Camat se-Kabupaten Kuningan, Para Kepala Desa, para pengawas lapangan, dan para pengusaha sebagai pelaksana kegiatan.
Lebih lanjut, Wabup mengatakan, data akurat dan benar yang kemudian disampaikan kepada dinas tata ruang dan cipta karya akan diolah kemudian diseleksi dan akan direalisasikan pelaksanaannya sesuai dengan kebutuhan yang lebih prioritas. Oleh karena itu untuk memastikan ketetapan sasaran sesuai dengan prioritas kebutuhan masyarakat diperlukan jaminan yang harus dipenuhi.
“Dengan tertatanya lingkungan permukiman dan perumahan yang baik, diharapkan akan berdampak terhadap peningkatan derajat kesehatan dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat baik di perdesaan maupun di perkotaan,” ujarnya.
Wabup Acep berpesan, untuk tercapainya maksud dan tujuan tersebut, camat, kepala kelurahan, dan kepala desa yang wilayah kerjanya mendapatkan program kegiatan, untuk dapat memastikan dan menjamin dalam pelaksanaannya nanti ikut berperan aktif dalam hal pengawasan kegiatan agar pelaksanaan kegiatan berjalan sebagaimana diharapkan.
Sementara itu ketua penyelenggara Kepala Bidang Perumahan dan Jasa Kontruksi H. Ono Darsono, M.Si, mengatakan, latarbelakang program penataan lingkungan permukiman dan perumahan (PLPP) ini adalah masih kurang tertatanya infrastruktur lingkungan permukiman dan perumahan, baik di daerah perkotaan dan perdesaan. “Apabila ini tidak ditangani secara bertahap, berkelanjutan dan komprehensif nantinya akan berakibat terjadinya daerah atau kawasan kumuh,” ujarnya.
Program PLPP, lanjut Ia, merupakan alat konsepsional pemberdayaan pemerintah daerah khususnya dalam membangun wilayah perkotaan dan perdesaan secara mandiri. “PLPP mempunyai maksud dalam upaya peningkatan lingkungan yang lebih tertata, teratur, indah, dan tentunya memenuhi rencana detail tata ruang kabupaten dan persyaratan kesehatan lingkungan. Program PLPP bahkan merupakan program yang banyak sekali diusulkan atau diajukan oleh banyak desa dan kelurahan,” paparnya.
Ia menambahkan, tujuan dari program ini adalah terbangunnya infrastruktur permukiman dan perumahan yang dapat mendorong pengembangan potensi wilayah baik di perkotaan maupun perkotaan, sementara lokasi kegiatan tersebar di 165 desa pada 32 kecamatan. (beben)

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: