Navigation

NGAWANGKONG DI PENDOPO




Ngawangkong di Pendopo adalah salah satu program rutin unggulan yang digelar oleh Bagian Humas setda Kuningan selama 6 bulan sekali, dengan tujuan untuk menjalin komunikasi dan informasi secara interaktif antara Pemerintah Kabupaten Kuningan dengan masyarakat secara langsung yang direlay oleh stasiun radio yang ada di Kuningan. Untuk tahun 2014 kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 23 Juli pukul 16.00 Wib sampai waktu berbuka puasa dan kegiatan kali ini bertepatan dengan bulan suci Ramadan 1435 H. Sehingga tema yang diangkat oleh panitia kegiatan adalah “Hikmah Ramadan”, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Hj. Utje Ch.Suganda, S.Sos., MAP selaku Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH selaku Wakil Bupati Kuningan, AKBP Hari Kurniawan selaku Kapolres Kuningan dan KH. Hafidin Ahmad selaku Ketua MUI Kabupaten Kuningan. Audience yang hadir di Pendopo secara langsung berasal dari para penyuluh agama dan tokoh masyarakat serta seluruh SKPD se-Kabupaten Kuningan.
Dalam paparan awal nara sumber pertama Hj. Utje Ch.Suganda, S.Sos., MAP selaku Bupati Kuningan mengatakan bahwa hikmah bulan Ramadan kali ini sangat terasa dalam pesta demokrasi terbesar di Indonesia, sehingga pada tanggal 9 Juli saat pilihan presiden kemarin bisa terlaksana dengan kondusif, aman dan terkendali. Oleh sebab itu Beliau sebagai Bupati Kuningan patut berbangga hati dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kuningan. Siapa pun Presiden Indonesia yang terpilih diharapkan mampu membawa Indonesia lebih baik. Sehingga tahapan pembangunan terutama di Kuningan dapat terus berlanjut tanpa gangguan dan halangan akibat perbedaan pilihan, hal ini dapat terjadi apabila seluruh masyarakat bersatu tanpa melihat partai atau golongan tertentu.
Sementara itu nara sumber kedua H. Acep Purnama, SH., MH selaku Wakil Bupati Kuningan mengatakan, untuk menghadapi Idul fitri 1435 H, Pemerintah Kabupaten Kuningan telah jauh hari mempersiapkan segala sesuatunya terutama perbaikan infrastruktur transportasi jalan sehingga arus balik dan mudik lebaran dapat berjalan tanpa gangguan. Selain itu pengendalian harga kebutuhan pokok terus dipantau supaya masyarakat tidak tertekan dan dapat merayakan lebaran dengan segala sesuatunya terjangkau.
Nara sumber ketiga AKBP Hari Kurniawan selaku Kapolres Kuningan dalam paparannya ada dua point yang dikemukakan, pertama permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Kuningan apabila selama 1 tahun menjadi Kapolres Kuningan pelayanan publik yang dilakukan oleh institusinya kurang memuaskan, tetapi beliau telah berusaha mencoba meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan selama ini. Kedua adalah perasaan berbangga hati karena selama beliau memimpin tingkat kriminalitas dan pelanggaran serta kecelakaan lalu lintas menurun secara signifikan. Beliau menghimbau kepada para perantau yang akan mudik ke Kuningan untuk tidak membawa perilaku negatif kepada masyarakat Kuningan yang terbukti selam bulan Ramadan ini tidak ada kasus tindak kriminal seperti tahun-tahun sebelumnya seperti tawuran antar warga, penyalahgunaan narkoba dan lainnya. Beliau tidak segan-segan untuk menindak para perantau yang mudik dan membikn onar di wilayah Kuningan tercinta ini.
Nara sumber terakhir  KH. Hafidin Ahmad selaku Ketua MUI Kabupaten Kuningan, mengingatkan kepada seluruh umat Islam untuk bisa menjadikan bulan Ramadan ini sebagai wadah menempa diri sehingga setelah Idul Fitri kita lebih bisa mengendalikan hawa nafsu sehingga bisa berprilaku rahmatan lil alamin. Keistimewaan bulan Ramadan adalah dimana Allah SWT mengangkat Nabi Muhammad SAW sebagai Al Amin artinya yang jujur. Selain itu perlu kita flashback ke belakang bahwa proklamasi kemerdekaan Republi Indonesia pada Tahun 1945 diproklamirkan pada bulan Ramadan.
Dalam sesi tanya jawab secara interaktif dengan audience yang ada di rumah lewat telpon ternyata ada dua penanya, yang pertama adalah Bapak Ateng Ahmadi dari Desa Cilaja, beliau meminta supaya kegiatan ngawangkong di pendopo dapat lebih sering dilaksanakan sebagai wahana penyaluran aspirasi atau curahan hati masyarakat kepada pimpinan daerah secara langsung. Karena selama ini aspirasi selalu terganjal birokrasi dan tereduksi oleh berbagai hal sehingga yang nyampai ke telinga Bupati sudah mengalami perubahan informasi. Dalam jawabannya Bupati Kuningan mengucapkan akan mempertimbangkan usulan ini sebagai bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Kuningan ingin meningkatkan Good Governance
Pertanyaan kedua adalah Ibu Uun dari Desa Kawungsari meminta kepada Bupati Kuningan untuk meninjau akses jalan menuju desanya yang rusak parah, hal ini sangat menggagu aktifitas masyarakat. Selain itu memohon kepada Kapolres Kuningan untuk melakukan patroli malam karena masyarakat takut adanya kenalan para pemuda yang mengendarai motor berkelompok dan ugal-ugalan. Dalam jawabannya Bupati Kuningan dalam waktu dekat akan menugaskan dinas/instansi terkait untuk langsung meninjau akses jalan menuju Desa Kawungsari. Sementara itu Kapolres Kuningan juga berjanji akan segera meningkatkan pengamanan jalan pada malam hari terutama dengan munculnya gank motor dari wilayah di luar Kuningan yang menggagu ketertiban umum.
Dari Audience yang hadir di Pendopo secara langsung ada seorang penanya, beliau adalah Ketua DKM Masjid Syiarul Islam, Beliau memohon kepada Bupati Kuningan dan Kapolres untuk memberikan teguran kepada para remaja yang menamakan dirinya “Koprek” atau penabuh “dog-dog” sejenis alat musik gendang yang dipukul secara keras dengan tujuan membangunkan saur kepada masyarakat pada malam hari, yang jadi masalah para remaja tanggung ini melakukan kegiatan koprek pada siang hari dengan perilaku agak memaksa mendatangi rumah-rumah penduduk sambil merokok bahkan makn dan minum. Hal ini sangat memalukan kami sebagai umat Islam. Dalam jawabannya Bupati Kuningan berjanji akan menghimabu para kepala desa/lurah yang ada di daerah perkotaan untuk mengaktifkan peran RT dan RW menangani kelompok koprek yang berperilaku buruk. Sementara itu Kapolres Kuningan juga mendukung upaya Bupati Kuningan karena untuk menindak secara langsung tidak ada KUHP-nya menangani permasalahan ini oleh kepolisisan. (Goems)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: