Navigation

POSYANDU MAWAR BAYUNING WAKILI KUNINGAN DI TINGKAT PROVINSI




Posyandu Mawar Desa Bayuning, Kecamatan Kadugede mewakili Kabupaten Kuningan di tingkat Provinsi dalam lomba posyandu dan kader posyandu tingkat Provinsi Jawa Barat, posyandu Mawar yang berada di dusun manis Desa Bayuning berada diperingkat pertama tingkat Kabupaten Kuningan dan secara otomatis mewakili Kabupaten Kuningan di Tingkat Provinsi.
Hari ini, Kamis (18/9/2014) tim penilai dari provinsi hadir untuk memberikan penilaian, suasana penyambutan dimulai dengan penampilan drumband SMPN 2 Kadugede yang cukup memukau, kemudian sepanjang jalan menuju posyandu mawar dipenuhi para pelajar dari tingkat Sekolah Dasar hingga SMP sehingga membuat penyambutan tim penilai semakin meriah, tidak hanya itu upacara adat sundapun disuguhkan.
Ikut hadir Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama, M.H., Ketua TP PKK Kuningan Hj. Ika Acep Purnama., Ketua Tim Penilai Doktor Budi Setiadi, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Drs. Deniawan, M.Si., Kepala Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Drs. Lili Suherli, M.Si., Camat Kadugede Yanuar Suyono, Sm.Hk, serta undangan lainnya.
Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama, M.H.,mengatakan, kehadiran tim penilai semakin meningkatkan semangat dan motivasi kami dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya kesehatan ibu dan anak. “Saya berharap dan punya keyakinan insyaallah posyandu mawar mampu dan mumpuni untuk menjadi juara tingkat Provinsi Jawa Barat sesuai dengan kriteria dan persyaratan tim penilai,” ungkapnya
Wabup menuturkan, pemerintah daerah akan terus berupaya memberikan perhatian terhadap peningkatan kinerja posyandu dan para kader posyandu karena betapa penting dan strategisnya peran dan fungsi posyandu dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. “Anak-anak yang sehat terlahir dari ibu yang sehat, dan ibu-ibu yang sehat terbentuk karena remaja atau wanita-wanita usia subur yang sehat, sedangkan lembaga untuk menjaga, membimbing, dan memfasilitasi kesehatan ibu dan anak yang terdepan adalah posyandu,” tandasnya
Program yang dilakukan pemerintah daerah dalam upaya pengembangan kualitas SDM, lanjut Beliau, yaitu dengan mengoptimalkan potensi tumbuh kembang anak dengan dilaksanakan secara merata efektif dan efisien serta dapat menjangkau semua sasaran yang membutuhkan diantaranya melalui sistem pelayanan kesehatan yang berbasis masyarakat. Dengan harapan mampu meningkatkan angka harapan hidup (AHH) penurunan angka kematian ibu (AKI) angka kematian bayi (AKB) dan angka kematian balita (AKBA) di Kuningan relatif sangat kecil.
Sementara itu Ketua Tim Penilai Doktor Budi Setiadi, mengatakan, Kabupaten Kuningan termasuk kedalam zona 5 (lima) yaitu zona Ciayumajakuning plus sumedang penilaian posyandu tingkat Jawa Barat. Posyandu merupakan bagian strategis dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan posyandupun telah direvitalisasi sejak tahun 2011. “Lomba posyandu bukan semata-mata penilaian kinerja kader saja namun lebih luas lagi seluruh pemangku kebijakan yang terlibat dalam menjalankan kelembagaan posyandu. Penilaian posyandu ini diharapkan dapat memotivasi seluruh pemangku kepentingan, stakeholder dalam upaya pengembangan posyandu.” (beben)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: