Navigation

MUSKOR VI HAMIDA : “Momentum Bentengi Masyarakat dari Degradasi Moral dan Spiritual”




Penyelenggaraan Musyawarah Koordinator VI (Muskor) Himpunan Alumni Miftahul Huda (Hamida) harus jadi momentum konsolidasi, penguatan program, dan tentunya evaluasi kegiatan-kegiatan hamida pada periode yang sedang berjalan.
“Ini merupakan langkah kerja strategis yang dilakukan hamida dalam upaya terus eksis dalam memberikan kontribusi nyata membentengi masyarakat dari degradasi moral dan spiritual disamping penajaman basis keilmuan agama semata.”
Hal tersebut disampaikan Bupati Kuningan Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos, M.A.P., saat membuka Muskor Hamida VI, Sabtu (27/12/2014) di Gedung Bale Kamukten Windusengkahan, ikut menghadiri ketua MUI KH. Hafidin Ahmad, Ketua NU H.R Mahmud Silahudin, Kepala Kementerian Agama H. Yusron, Sesepuh Ponpes Winduhaji Dodo Murtado, serta undangan lainnya.
Bupati menuturkan, hamida sebagai sebuah himpunan lembaga keagamaan telah eksis sedemikian jauh dalam memperkokoh lembaga agama dan misi da’wah. “Hampir 30 persen ponpes yang ada di Kabupaten Kuningan merupakan alumni miftahul huda, ini merupakan sebuah kontribusi tak ternilai bagi proses penciptaan SDM yang berkualitas,” ujarnya.
Hal lain, lanjut Beliau, kegiatan muskor ini diharapkan mampu membangun ukhuwah islamiyah yang dipandang memiliki multi dimensi diantaranya secara intern memberi bekal pengalaman dan pengabdian ilmu agama dan spiritual guna meningkatkan kedekatan kepada Alloh SWT, serta memberi teladan proses pembelajaran pendidikan dan dakwah yang sangat berharga dengan menempatkan ilmu agama sebagai pelita sekaligus nafas bagi seluruh aktivitas yang bermuara pada peningkatan raihan kesejahteraan masyarakat secara lahir dan bathin.
Bupati mengakui, hamida berperan dominan dalam membangun amar ma’ruf nahi munkar dan tegaknya syariah agama di tengah-tengah masyarakat. “Sejalan dengan Visi Kabupaten Kuningan yang agamis diharapkan hamida terus menunjukkan kontribusinya terutama membentengi umat dari perilaku yang bertentangan dengan agama, menjadi akses peningkatan pontren dalam peranannya sebagai pusat pendidikan, keilmuan da’wah serta pencetakan kader bangsa yang berciri islami, kami pihak pemerintah dengan seluruh komponen masyarakat lainnya telah berkomitmen anti terhadap miras dan narkoba,” tandasnya.
Selain itu, Bupati berpesan kepada ponpes yang tergabung dalam hamida untuk terus mengembangkan dakwah yang santun, damai dan nyaman, menjadi fasilitator komunikasi yang harmonis dalam membentengi masyarakat dari ancaman degradasi moral dan spiritual, serta menjadi pionir dalam menumbuhkan semangat kejuangan diberbagai sektor yang menjadi kebutuhan warga masyarakat, juga memprakarsai peningkatan gerakan lingkungan ponpes yang sehat, indah, dan asri. ***ben
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: