Navigation

PROGRAM USAID PRIORITY BERHASIL DI KUNINGAN





Program USAID Prioritas yang berlangsung setahun di Kuningan dinalai berhasil. Ini terbukti dari 24 sekolah binaan, dalam kurun itu mengalami perkembangan yang sangat luar biasa. Untuk melihat keberhasil selama ini, Disdikpora dan Kementerian Agama Kuningan bekerja sama dengan USAID Prioritas menggelar unjuk keberhasilan pendidikan (showcase). Dalam hal ini, sekolah/madrasah mitra USAID melakukan unjuk praktik baik dalam pembelajaran dan mana­je­men melalui pameran, simulasi pembelajaran, dan bincang-bincang pendidikan (talkshow).
Program USAID yang digelar merupakan kegia­tan showcase untuk memp­er­lihat­kan dampak program USAID dalam bidang pem­belajaran, manajemen berbasis seko­lah, dan tata kelola pendi­dikan. USAID Prioritas adalah program yang dirancang dan didanai oleh USAID untuk meningkatkan akses pendidikan dasar yang berkualitas selama lima tahun.
USAID Prioritas meru­pa­kan bagian kesepakatan nomor 497-025 antara Peme­rintah Amerika Seri­kat dengan Pemerintah Republik Indonesia, yang ditandatangani pada 30 September 2011 lalu. Sedangkan di Kuningan baru dicanangkan pada awal tahun 2014. “Kami ingin semua sekolah memiliki mutu relatif sama. Se­tiap sekolah adalah se­kolah unggulan sehingga tidak ada sekolah yang terlalu menonjol sebagai sekolah favorit, se­mentara sekolah lain tidak dilirik,” ucap Bupati Kuningan, Hj Utje Ch Suganda, (17/2) di Aula Restoran Lembah Ciremai.
Dikatakan, dalam hal inilah terletak titik temu antara program USAID dan program pen­didikan pemerintah Kuni­ngan. Bupati Utje juga mengapresiasi kerja keras para fasilitator USAID (Fasda) yang telah menjadi motor penggerak inovasi pendidikan. “Saya percaya, para Fasda dapat mendorong kesamaan mutu sekolah termasuk mereka yang berada di wilayah terpencil,” katanya.
Sementara itu, Koordinator USAID Prioritas Jawa Barat, Erna Irnawati menuturkan, dalam perjalanan selama satu tahun ini, program USAID Prioritas tentunya sudah mampu menunjukan dampaknya di Kuningan hingga di tingkat sekolah.
“Sebab, showcase merupakan kesempatan segenap pemangku kepentingan pendidikan Kuningan, untuk menunjukan dampak program melalui simulasi pembelajaran, talkshow, dan pameran praktik yang baik,” sebutnya. Pihaknya berharap, kegiatan semacam ini bisa menginspirasi para guru, kepala sekolah, pengawas, dan bahkan siswa di kecamatan-kecamatan non-mitra di daerah Kuningan. Sehingga, pada akhirnya harapan agar seluruh sekolah di Kuningan memiliki kualitas yang sama bisa tercapai dan seluruhnya menjadi sekolah favorit.
Erna menambahkan, seko­lah yang 24 nanti menjadi emb­rio sehingga bisa diikuti oleh sekolah lain. Pihaknya, yakin sekolah lain dengan duku­ngan dari disdikpora dan kemenag bisa melakukan mengembangkan hal ini. Sementara itu, dalam kegiatan unjuk kerberhasilan, ada simulasinya. Pada sesi simulasi pembelajaran, siswa SDN 1 Cilimus memeragakan proses pembelajaran IPA mengenai pembuatan saringan air. Ada juga dari siswa SMPN 1 Cilimus yang memperagakan pembentukan sel tubuh secara rinci dalam Bahasa Inggris, dan akhirnya bupati didaulat agar mengujicoba hasil karya para pelajar tersebut.
Dengan menyaksikan si­mulasi tersebut, bupati dan tamu undangan lainnya dibuat kagum. Tak hanya bupati yang merasa bangga atas kepercayaan diri siswa dan kefasihan berbahasa Inggrisnya. Namun disdikpora pun bangga. Kadisdikpora Kuningan, H Taufik Rohman juga semakin yakin bahwa program USAID Prioritas berdampak positif bagi kemajuan pendidikan di Kuningan. Dan selama ini sudah terbukti nyata.
“Selama ini saya melakukan kunjungan secara teratur ke sekolah-sekolah di Kuningan, termasuk sekolah binaan USAID. Saya melihat, ada perbedaan signifikan di skeolah mitra USAID dalam hal pembelajaran dan manajemennya,” ungkapnya. Dikatakan, sesuai dengan misi Kuningan untuk memeratakan mutu sekolah, pihaknya berkomitmen menyebarluaskan praktik pendidikan yang baik kesekolah-sekolah lain yang tersebar di wilayah Kuningan. “Perhatian dari pemerintah pun selama ini nyata sehingga program bisa berjalan lancar dan hasilnya nyata seperti yang dihadirkan pada hari ini,” ucapnya. *DoniS*
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: