Navigation

TNI SIAPKAN BABINSA SUKSESKAN SWASEMBADA PANGAN



Disamping menjaga pertahanan dan keamanan wilayah, Kodim 0615 Kuningan bertekad ikut membantu sukseskan swasembada pangan berupa padi, jagung dan kedelai masyarakat Kabupaten Kuningan.
Tekad itu dituangkan dalam Memorandum Of Understanding (MoU) yang ditandatangani Bupati Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos, M.A.P., dan Dandim 0615, Letkol CZI Dindin Kamaludin SIP, di Aula Makodim 0615 Kuningan, Rabu (11/2/2015). Ikut menghadiri Wakil Bupati Kuningan Acep Purnama, MH, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Ir. Hj. Triastami.
Usai MoU, dilakukan sosialisasi kepada seluruh anggota TNI Makodim 0615, Babinsa dan penyuluh pertanian.
”MoU ini intruksi dari mabes. TNI diwajibkan untuk turut mensukseskan swasembada pangan. Targetnya 3 tahun, tapi kita optimis sebelum 3 tahun bisa tercapai,” ujar Dandim 0615, Letkol CZI Dindin Kamaludin SIP.
Menurutnya, bahwa upaya ini sudah dimulai TNI melalui pelatihan pertanian untuk para babinsa. Babinsa dipilih karena merupakan pion masyarakat desa, dan mengenal wilayah. Oleh babinsa, akan diinventarisir luasan pertanian padi, jagung dan kedelai. Sekaligus memacu para petaninya agar mampu lebih produktif.
Babinsa, lanjut Ia, tentu juga akan bekerjasama dengan para penyuluh pertanian di lapangan. ”Jadi selain menjaga ketertiban wilayah, sinergi hubungan kerja dengan desa, babinsa juga akan bekerjasama dengan penyuluh pertanian,” tandasnya 
Dandim 0615, Letkol CZI Dindin Kamaludin SIP, menyebutkan jumlah babinsanya mencapai 297 orang. Jumlah tersebut, diakui dia masih kurang untuk bisa menangani 367 desa/kelurahan di Kuningan. Namun menurutnya semua desa akan tertangani. Meski akan ada satu babinsa menangani 2 sampai 3 desa. ”Kami pastikan, TNI bersama penyuluh akan menjadi pion pertanian di Kuningan. Mereka akan mengawal suksesnya swasembada pangan Kuningan,” tegasnya.
Sementara itu, Bupati Kuningan Hj Utje Ch Suganda, S.Sos, M.A.P., menilai MoU ini akan mendongkrak pencapaian swasembada padi, jagung dan kedelai di daerah. Mengingat Presiden Jokowi juga mengintruksikan percepatan swasembada pangan tahun 2018. Diantaranya melalui perluasan tanah, percepatan distribusi benih, pupuk, alat pertanian hingga percepatan rehabilitasi jaringan irigasi dalam memenuhi kebutuhan petani.
”Jika bisa serba cepat, keterlambatan atau kesulitan petani dalam menghadapi musim tanam baik padi, jagung dan kedelai bisa berjalan sesuai agenda,” tandasnya.
Untuk keberhasilan tersebut, tentu diperlukan sebuah tim yang terdiri dari unsur distanakan, badan penyuluh, hingga TNI melalui para babinsanya di tingkat desa yang siap mengawal suksesnya percepatan swasembada padi, jagung dan kedelai sesuai target. ***ben
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: