Navigation

320 PENYULUH DITRAINING OPTIMASI POTENSI DIRI





Sebanyak 320 penyuluh pertanian, perikanan, dan kehutanan se-Kabupaten Kuningan dalam acara jambore penyuluh pertanian, perikanan, dan kehutanan ditraining optimasi potensi atau pelatihan yang menggabungkan antara pelatihan motivasi, spiritual, dan metode mind-therapy. Rabu (25/3/2015) di Restoran Lembah Ciremai.
Hadir Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Ir. Bunbun Budhiyasa, Kepala Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Peternakan, Perikanan, dan Kehutanan (BP4K) Drs. Sadudin, M.Si, serta Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kuningan Drs. Uca Sumantri, M.Si.
“Kegiatan jambore ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas SDM para penyuluh, serta sebagai sarana pembinaan mental yang menitikberatkan pada pengembangan diri baik dari segi potensi diri motivasi maupun pola pikir,” ujar ketua panitia.
Selain itu, lanjut Ia, tujuan dari kegiatan ini untuk mensosialisasikan kebijakan penyelenggaraan penyuluhan dan informasi/program kerja organisasi profesi penyuluh serta untuk meningkatkan kualitas individu, motivasi kerja, dan profesionalisme penyuluh peranian, perikanan, dan kehutanan.
Sementara itu Bupati Kuningan Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos, M.A.P., mengatakan pertanian merupakan sektor yang sangat strategis dalam perekonomian Kabupaten Kuningan, khususnya dalam penyediaan kecakupan pangan, perluasan lapangan kerja dan lapangan berusaha, pengentasan kemiskinan serta peningkatan produk domestik regional bruto dan pendapatan petani.
Dengan demikian, lanjut Ia, untuk meningkatkan peran sektor pertanian diperlukan sistem penyuluhan yang kredibel dan SDM pertanian yang berkualitas, khususnya penyuluh pertanian yang profesional dalam mengimplementasikan program-program pembangunan pertanian.
“Para penyuluh diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan dan perkembangan potensi daerah serta dapat mendukung terwujudnya visi pembangunan Kabupaten Kuningan yaitu Kuningan MAS,” tandasnya.
Bupati meminta, para penyuluh agar terus melaksanakan tugasnya dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya, penuh motivasi, semangat dan kebersamaan, gali dan kembangkan potensi wilayah binaan, angkat derajat petani agar menjadi pelaku usaha yang berjiwa kewirausahaan dan mandiri, sehingga harapan dan cita-cita untuk menciptakan lapangan kerja sekaligus meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani akan dapat terwujud. ***ben

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: