Navigation

AL-QURAN HENDAKNYA DITERAPKAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI





Penyelenggaraan Seleksi Tilawatul Quran (STQ) XIV Tahun 2015 resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan di Plaza Pusdai Bandung, Minggu (22/03/2015). Turut hadir Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mizwar, para Bupati/Walikota se-Jawa Barat, Ketua LPTQ Provinsi Jawa Barat dan Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Barat.
“Pelaksanaan STQ ini jangan hanya sebatas seremonial saja, tapi harus benar-benar menghasilkan insan yang mencintai Alquran dan mengamalkannya,” ujar pria yang akrab disapa Aher ini.
Aher berharap, penyelenggaraan STQ ini dapat menambah iman terhadap Alquran dan tidak meragukan kebenaran Allah SWT. Selain itu, para peserta juga diharapkan dapat turut mengamalkan dan menyiarkan penduduk Jawa Barat dalam membaca dan memahami Alquran.
“Jangan sampai ada anggapan bahwa Alquran sudah tidak relevan dengan zaman sekarang, karena Alquran selalu cocok sebagai pedoman di segala zaman,” ujarnya.
STQ XVI Provinsi Jawa Barat yang diikuti oleh 432 peserta ini, merupakan sarana untuk menumbuhkan kecintaan umat Islam khususnya generasi muda terhadap Alquran mulai dari membaca, memahami, menghafal, menafsirkan hingga mengaktualisasikan nilai-nilai luhurnya dalam kehidupan.
Pembukaan STQ ini ditandai pemukulan gendang oleh Gubernur Heryawan disaksikan Wagub Jabar H. Dedi Mizwar, Kakanwil Depag Prov. Jabar, para Bupati/Walikota se-Jabar dan Ketua LPTQ Prov. Jabar.
“ Saya mengajak kepada para Bupati/Walikota untuk memasyarakatkan Gemar Membaca dan menghafalkan al qur'an kepada warganya, terutama kepada anak-anak pelajar, Ajak masyarakatnya untuk membiasakan membaca al quran paling tidak seperempat juz perhari", pintanya.
Dengan membiasakan seperti itu, dipastikan anak-anak pelajar akan terhindar dari bahaya Narkoba, Pornografi dan HIV/AIDS.
Oleh karena itu, saya minta kepada para Bupati/Walikota, agar di tiap-tiap sekolah, sebelum memulai pelajaran, membiasakan terlebih dahulu membaca al qur'an dan menghafalkannya walaupun hanya satu ayat dalam waktu tiga puluh menit.
Ketua Pelaksana STQ XIV Tahun 2015, Ahmad Hadadi dalam laporannya menjelaskan, bahwa STQ kali ini diikuti 432 orang qori/qoriah dan 297 official. Dengan cabang yang dimusabaqohkan meliputi : Tilawah untuk dewasa dan anak-anak putra/putri; Cabang Hifdzil Qur'an putra/putri; Cabang Tafsir Qur'an dan Bahasa Arab.
Menurut Ahmad Hadadi, STQ kali ini memiliki tujuan antara lain ialah untuk memasyarakatkan Al Qur'an dan mengamalkannya, dan sebagai media dakwah dan syiar Islam.
Adapun kegiatan STQ, meliputi penyelenggaraan musabaqoh, pameran dan orientasi dewan hakim. Waktu penyelenggaraan, mulai tanggal 23 Maret sd 28 Maret 2015.
Hj. Utje disela-sela pembukaan STQ tingkat Jawa Barat mengatakan, Kabupaten Kuningan yang mempunyai visi MAS ( Mandiri, Agamis, dan Sejahtera ) sangat konsen terhadap kegiatan-kegiatan yang mempunyai hubungan dengan keagamaan, melalui kegiatan ini diharapkan Visi Agamis dapat terwujud.
Bukan hanya juara yang ditargetkan dalam kegiatan ini, tetapi pengamalan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari yang terpenting dapat diaplikasikan kepada masyarakat Kabupaten Kuningaan. Papar Utje. *DoniS*

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: