Navigation

MARI SATUKAN VISI MISI WUJUDKAN KUNINGAN KONDUSIF





Bupati Kuningan, Hj Utje Ch Suganda, S.Sos, M.A.P., mengajak seluruh Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) se-Kabupaten Kuningan untuk bersama-sama mewujudkan kondusivitas Kabupaten Kuningan. “Mari satukan visi misi mewujudkan kuningan kondusif.”
Hal tersebut disampaikannya disela menghadiri silaturahmi Ormas dan OKP se-Kabupaten Kuningan, Minggu (8/3/2014) di Gedung Sanggariang.
Ikut menghadiri Wakil Bupati Kuningan Acep Purnama, MH, Kapolres Kuningan AKBP Jhoni Iskandar, S.Ik, Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) H. Aang Hamid Suganda, S.Sos, Ketua Pemuda Pancasila Harnida Darius.
Menurutnya, kinerja dari polres kuningan sampai saat ini cukup baik bahkan mendapatkan apresiasi dari kapolda yang mengatakan kuningan merupakan daerah yang cukup kondusif, namun demikian polres kuningan juga membutuhkan peran serta dari ormas, OKP, serta LSM untuk mewujudkan Kabupaten Kuningan yang kondusif.
“Ormas, OKP, serta LSM merupakan mitra kerja polres dan Pemerintah Kabupaten Kuningan, peran serta lembaga-lembaga tersebut saat ini dan kedepan cukup strategis dalam membantu mewujudkan Kabupaten Kuningan yang kondusif,” tandasnya.
Lebih lanjut, Bupati mengajak, seluruh elemen dan organisasi kemasyarakatan untuk bersama-sama, bahu-membahu membangun kuningan. “Kita adalah warga kuningan lalu siapa lagi yang akan mewujudkan keamanan wilayah kita sendiri kalau bukan warga kuningan sendiri.”     
Sementara itu Ketua Pemuda Pancasila Kuningan Harnida Darius mengatakan forum silaturahmi ini sebagai tindaklanjut pertemuan ormas dengan pak kapolres tujuannya tidak lain untuk ikut mewujudkan kuningan MAS (Mandiri, Agamis, Sejahtera).
Secara perundangan, lanjut Harnida, penanggungjawab keamanan adalah kepolisian. Tetapi tentu kepolisian tidak bisa sendiri sebagai ormas dan OKP wajib ikut bertanggungjawab menjaga keamanan kuningan.
Seperti kasus begal motor kini sudah masuk daerah, ini menjadi permasalahan masyarakat namun penanganannya tidak bisa diserahkan ke polisi atau TNI saja. “Sebagai Ormas dan OKP pengaman dan pengamal pancasila, kita juga harus memberi peran aktif dalam keamanan termasuk dalam ikut mensejahterakan masyarakat,” tandasnya
Maka, lanjut Ia, seluruh ormas harus bersinergi, jika ormas sudah saling berkoordinasi, kecil kemungkinan antar ormas juga terjadi gesekan. Bagi Pemuda Pancasila, kekuatan organisasi diarahkan bagaimana cara membantu masyarakat tujuan untuk beradu kekuatan, hal itu bukan tujuan Pemuda Pancasila.
“Apapun kejadian adalah dinamika. Asal jangan seperti daerah lain yang egois mempertahankan kepentingan sendiri. Saya yakin, semua ormas di kuningan bisa lebih mengedepankan kondusivitas,” ucap Harnida
Kapolres AKBP Jhoni Iskandar, menegaskan bahwa apapun dinamika selalu menimbulkan ekses. Ekses inilah yang mesti di eliminir. Maka jalin silaturahmi intensif, jalin kebersamaan. Sehingga apa yang dibutuhkan masyarakat bisa terwujud kuningan pun menjadi tetap kondusif.
“Alhamdulillah tingkat kejahatan di tahun 2014 dapat ditekan 30% dengan menangani 1214 laporan dan 45% dapat diungkap, saat ini tingkat kejahatan akan bertambah tinggi, bertambah banyak, dengan modus yang lebih beragam,” ujarnya.
Menurutnya, wilayah Kabupaten Kuningan sepanjang 12 KM persegi tidak mungkin dapat dikendalikan oleh anggota kepolisian saja, hal ini kemudian dibutuhkan peran serta aktif dari berbagai lembaga kemasyarakatan.
“Ormas, OKP, serta LSM harus bersinergi mewujudkan kuningan kondusif, serta harus menata keorganisasiannya dengan rapih tidak ada friksi, memiliki satu tujuan serta visi misi yang sama sehingga akan mudah mewujudkan kondusivitas kuningan, tidak ada gagah gagahan, juga harus menghilangkan ego sektoral.” ***ben
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: