Navigation

MUSRENBANG, PRIORITASKAN PENINGKATAN SDM DENGAN FOKUS ENAM SEKTOR




Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Kuningan tahun 2016 memprioritaskan pada peningkatan kualitas sumberdaya manusia dengan fokus pada sektor pendidikan, kesehatan, tenaga kerja, pelaku usaha, aparatur pemerintah, dan pelaku pembangunan pada umumnya.
Hal tersebut diungkapkan Bupati Kuningan Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos, M.A.P., saat pembukaan Musrenbang tingkat Kabupaten Kuningan, Kamis (5/3/2015) di Aula Bappeda, Hadir Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama, MH, Ketua DPRD Kuningan Rana Suparman, S.Sos, Kepala Bappeda Drs. H. Maman Suparman, MM.
Menurutnya, fokus pembangunan tersebut ditempuh melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan dasar secara merata, peningkatan jiwa kewirausahaan, keterampilan pelaku industri kecil dan menengah, peningkatan kapasitas tenaga kerja produktif, peningkatan pelayanan publik pada lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan.
“Ini diharapkan menjadi landasan bagi pencapaian daya saing dan keunggulan daerah sebagai entry point untuk pembangunan selanjutnya,” ujarnya.
Lebih lanjut, Bupati, berharap, musrenbang untuk penyusunan RKPD 2016 dapat menghasilkan program dan kegiatan yang mencerminkan kebutuhan masyarakat, bersifat strategis dengan prioritas tinggi sekaligus dapat mendukung pencapaian visi misi Kabupaten Kuningan 2014-2018. “Mari kita mereformasi segala sesuatunya dimulai dari diri sendiri ke arah yang lebih baik lagi serta tanamkan dalam diri kita untuk memiliki komitmen kuat untuk membuat perubahan positif,” ajaknya.
Bupati pada kesempatan tersebut  memberikan apresiasi terhadap bantuan keuangan Provinsi Jawa Barat yang jumlahnya mencapai tiga kali lipat dibandingkan tahun 2014. “Ini menunjukkan kepercayaan yang besar dari pemerintah provinsi dan harus dijadikan dasar komitmen kita dalam mewujudkan pembangunan di Tingkat Kabupaten.”
Sementara itu Kepala Bidang Pembangunan BKKP Wil. 3 Provinsi Jawa Barat Dra. Hj. Rahni Indah, M.Si. mengatakan, pelaksanaan musrenbang yang diisi dengan penyusunan RKPD tahun 2016 di berbagai daerah di tingkat Kabupaten diharapkan menjadi representasi dari berbagai kebutuhan mendasar dari masyarakat sehingga kemudian hadir kesepakatan isu strategis pembangunan tingkat kabupaten/kota.
Lebih lanjut, Ia mengatakan, dari kesepakatan isu strategis pembangunan tingkat kabupaten/kota tersebut kemudian ditindak lanjuti dengan kesepakatan usulan program dan prioritas kegiatan pembangunan. “Musrenbang ini diharapkan menjadi titik tolak dan menjadi acuan pelaksanaan pembangunan berkelanjutan.” ***ben.
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: