Navigation

DESA RAMBATAN JADI PILOT PROJECT TANAMAN POLYBAG





Walaupun Desa Rambatan jauh dari hiruk-pikuk Kota Kuningan namun tidak menyurutkan warganya untuk melakukan inovasi, Rabu (22/4/2015) sejumlah kerangka besi yang telah lengkap dengan polybag berisi tanah siap tanam disediakan panitia untuk nantinya dilakukan penanaman secara serentak.
Tepat pukul 09.00 WIB rombongan Bupati Kuningan hadir di Desa Rambatan Kecamatan Ciniru, sambutanpun digelar dengan menampilkan pertunjukan pencak silat oleh beberapa anak yang kian menambah ramai acara tersebut. Hadir Ketua TP PKK Hj. Ika Acep Purnama, Istri Ketua DPRD Ibu Rana Suparman serta undangan lainnya.
Kepala Desa Rambatan, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu cara pemanfaatan lahan pekarangan rumah, luasnya pekarangan rumah yang dimiliki warga cukup potensial bila digunakan untuk menanam tanaman kebutuhan sehari-hari, seperti cabai, lengkuas, seledri, serta banyak lagi tanaman lainnya.
“Ini bisa dijadikan percontohan bagi warga desa lainnya di Kabupaten Kuningan, nantinya bibit tanaman yang ditanam di polybag akan sangat bermanfaat bagi kebutuhan sehari-hari warga Desa Rambatan,” ujarnya.
Kehadiran Bupati, lanjut Ia, cukup memberikan semangat bagi kami, ini membuktikan kepedulian Bupati Kuningan terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh warganya terlebih kami juga membutuhkan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Kuningan terkait akses jalan menuju Desa Rambatan yang saat ini banyak mengalami kerusakan.
Sementara itu Bupati Kuningan Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos, M.AP., mengatakan, kegiatan ini cukup positif dan inovatif, pemanfaatan lahan pekarangan rumah dengan penanaman bibit tanaman kebutuhan sehari-hari merupakan ide yang cemerlang.
“Warga Desa Rambatan cukup kreatif dengan kegiatan ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk memasak tidak perlu harus ke pasar membeli bahan-bahan masakan cukup mengambil dari pekarangan rumah, ini positif dan harus terus digalakan di seluruh warga Kabupaten Kuningan,” ujarnya.
Saat ini, lanjut Ia, harga-harga kebutuhan sehari-hari terus mengalami kenaikan imbas dari kenaikan harga bahan bakar minyak, dengan kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi ketergantungan warga terhadap bahan baku kebutuhan sehari-hari untuk memasak, warga tidak harus kepasar untuk membeli bahan baku memasak cukup mengambil bahan-bahan kebutuhan memasak dari pekarangan rumah. ***beben
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: